Jalan Menuju Bandara Diperlebar hingga 24 Meter – Rakyat Sultra

Rakyat Sultra

Muna Raya

Jalan Menuju Bandara Diperlebar hingga 24 Meter

Ir Karimin

LAWORO – Pemkab Muna Barat (Mubar) menambah lebar jalan-jalan poros utama, terutama jalan menuju Bandara Sugimanuru di Desa Kusambi, Kecamatan Kusambi. Pelebaran jalan rencana dua lajur ini dilakukan mulai perbatasan Desa Kusambi (Mubar)-Desa Matarawa (Kabupaten Muna) hingga 24 meter.

“Lebarnya mencapai 24 meter. Masing-masing ruas ditambah 2 meter,” ungkap pelaksana tugas Dinas Pekerjaan Umum (PU) Muna Barat, Ir Karimin, saat ditemui diruang kerjanya, Selasa (5/12).

Pelebaran jalan ini rencana dilakukan menuju Bandara Sugimanuru hingga tugu sapi Desa Guali, Kecamatan Kusambi. Anggaran disiapkan melalui APBD-Perubahan dengan total Rp1,4 miliar.

“Dari perbatasan Kusambi-Matarawa, menuju tugu pesawat, belok kiri menuju bandara hingga tugu sapi. Semuanya itu nanti akan dibuat dua lajur.

Tetapi untuk sementara sampai bandara saja dulu, “ujarnya.
Untuk sementara kata dia baru akan dilakukan perataan elevasi dan peningkatan kepadatan struktur jalan. Sedangkan pengaspalan jalan baru akan dilakukan pada tahun berikutnya dengan menggunakan aspal hot mix.

“Hari ini kita lakukan dulu perbaikan elevasi. Tempat-tempat yang selama ini terjadi genangan air kita ratakan dan kita biarkan dulu sampai satu tahun hingga betul-betul padat setelah itu baru kita lakukan pengaspalan, “ujarnya.
Dia juga menambahkan kegiatan elevasi pada jalan ini juga akan dilakukan terhadap jalan ring road sepanjang 36 kilo meter. Namun hal tersebut akan dilakukan secara bertahap mengingat anggaran yang ada terbatas. “Ring road juga akan seperti itu, kita akan elevasi dulu. (p1/b/aji)

Click to comment
To Top