Pemkab Siapkan Rp7 M untuk Seragam Sekolah Gratis – Rakyat Sultra

Rakyat Sultra

Headline

Pemkab Siapkan Rp7 M untuk Seragam Sekolah Gratis

Jamuddin

LAWORO – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Muna Barat (Mubar) menyiapkan anggaran sebesar Rp7 miliar untuk pengadaan seragam sekolah gratis bagi siswa baru kelas I Sekolah Dasar (SD) dan kelas VII sekolah Menengah Pertama (SMP). Seragam sekolah gratis yang diberikan adalah topi, dasi, sepatu, putih-merah bagi siswa SD dan putih-biru bagi siswa SMP serta pakaian olah raga dan batik.

“Program ini sudah saya sampaikan kepada masyarakat sebagai calon orang tua murid. Setiap pertemuan saya selalu sampaikan jika 2018 mendatang seragam sekolah itu akan digratiskan. Semua seragam sekolah ditanggung Pemerintah Daerah Muna Barat melalui Dinas Pendidikan,” ujar Kepala Bidang Dikdas Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Muna Barat, Jamuddin saat ditemui diruang kerjanya, Selasa (5/12).

Dia menjelaskan untuk pembagian seragam ini rencananya akan diserahkan kepada pihak sekolah dimana Diknas hanya memfasilitasi menyiapkan seragam dan pebagiannya akan dilakukan berdasarkan jumlah siswa yang siterima.

“Apakah kita akan berpatokan pada jumlah siswa yang biasa diterima setiap sekolah atau data yang mendaftar, nanti kita akan kembali bahas mekanismenya tetapi pada prinsipnya lebih baik lebih daripada kurang sehingga tidak ada kecemburuan sosial diantara orang tua siswa,”ujarnya.

Dia menyebutkan program pembagian seragam gratis ini tidak hanya akan dilakukan pada tahun 2018 tetapi akan terus berjalan selama kepemimpinan Bupati Mubar LM Rajiun Tumada, sehingga diharapkan hal ini bisa mengurangi beban orang tua siswa yang anaknya hendak masuk sekolah.

“Semua siswa akan dapat tanpa terkecuali, baik itu anaknya pejabat itu akan dapat, dan ini hanya terjadi di Muna Barat dan pertamakalinya di Sultra,”pungkasnya.

Dengan demikian biaya pendidikan diharapkan kedepan semua anak yang ada di Muna Baray bisa menikmati bangku pendidikan karna para orang tua tidak perlu khawatir lagi dengan biaya pembelian seragam sekolah. Apalagi biaya buku pegangan bagi siswa juga telah ditanggung oleh pihak sekolah melalui dana BOS. (*/b)

Click to comment
To Top