Empat Parpol Pendatang Baru Akan Jalani Vertual – Rakyat Sultra

Rakyat Sultra

Pilkada

Empat Parpol Pendatang Baru Akan Jalani Vertual

Ketua KPU Sultra Hidayatullah

KENDARI- Lolos sebagai peserta pemilu 2019 mendatang. Empat Parpol yakni Partai Berkarya, Garuda, PSI, dan Perindo akan menjalani verifikasi vaktual yang akan dilakukan oleh KPU Provinsi Sultra.

Ketua KPU Sultra Hidayatullah saat ditemui diruang kerjanya, Rabu (5/12) menyampaikan, empat parpol yang baru pada 15 hingga 21 Desember 2017 akan diverifikasi secara faktual.

Pada proses verifikasi faktual, kata Dayat, empat parpol tersebut akan didatangi KPU Sultra. Ada tiga item katanya yang akan menjadi titik fokus KPU Sultra.

Tiga item itu diantaranya, verifikasi jumlah dan susunan kepengurusan tingkat provinsi, keterwakilan kepengurusan perempuan paling tidak 30 persen dari total pengurus, dan yang terakhir akan di verifikasi kepemilikan kantor.

“PKPU no 7 tahun 2017 kan sudah mengatur terkait vertual. Sehingga kami akan melakukan vertual berdasarkan aturan yang ada,”terangnya.

Kendati jadwal yang sudah ditetapkan itu enam hari masa vertual, akan tetapi dengan sedikitnya yang akan di vertual, maka KPU hanya mengagendakan jadwal vertual selama dua hari.

Lalu bagaimana parpol yang sudah ikut pemilu 2014 lalu, apakah akan di vertual juga atau tidak? Berdasarkan aturan yang ada terang Dayat, parpol yang ikut pemilu tahun 2014 lalu tidak akan lagi di vertual KPU Sultra.

“Kalau yang sudah ikut pemilu 2014 lalu sudah tidak akan lagi di verifikasi ulang,”pungkasnya. (p3/b/ian)

 

Click to comment
To Top