13 Parpol Kembali Diverifikasi KPU Kendari – Rakyat Sultra

Rakyat Sultra

Headline

13 Parpol Kembali Diverifikasi KPU Kendari

KPU Kota Kendari Saat Melakukan Verifikasi Parpol Tahap Dua

KENDARI – 13 Partai Politik (Parpol) yang resmi terdaftar di KPU Kota Kendari, kembali diverifikasi. Verifikasi tahap dua ini mulai 2 hingga 11 Desember 2017 mendatang.

Ketua KPU Kota Kendari Ade Suerani menyampaikan 13 Parpol yang diverifikasi tahap dua yakni, PDIP, PKB, PAN, Hanura, PKS, Perindo, PSI, Partai Berkarya, NasDem, PPP, Golkar, Gerindra, dan Partai Garuda.

“13 Parpol yang kemudian diverifikasi tahap dua. Sedangkan Demokrat sudah cukup dan melebihi syarat keanggotaan yang sudah ditentukan,”terangnya, Selasa (5/12).

Dari hasil verifikasi tahap pertama, KPU Kota Kendari menemukan dua Parpol yang banyak menyalahi syarat administrasi di Sistem Informasi Parpol (Sipol) KPU di Kota Kendari. Sehingga kedua Parpol tersebut saat ini paling banyak melakukan perbaikan berkas administrasi untuk dilakukan verifikasi tahap dua.

“Jadi PAN dan Hanura paling banyak menyalahi syarat administrasi, dalam Sipol KPU. Kedua Parpol itu masing-masing memasukan berkas perbaikan 671 dan 406 data anggota,”ujarnya.

Ade juga merincikan, selain PAN dan Hanura, 11 Parpol juga melakukan perbaikan data, diantaranya Partai Garuda dengan 396 data anggota, PKB 204, Perindo 20, PKS 147, PPP 137, Gerindra 91, PDIP 65, Berkarya 63, Nasdem 55, Golkar 45, dan PSI 36.
Tahap verifikasi tahap dua lanjut Ade, jumlah keseluruhan yang akan diverifikasi administrasi jumlah keanggotaannya sebanyak 2.523 berkas.

Hasil dari verifikasi ini nantinya akan dilanjutkan dengan verifikasi faktual pada 15 Desember 2017 hingga 4 Januari 2018 bagi data keanggotaan yang dinyatakan memenuhi syarat.

Pihak KPUD Kota Kendari, kata Ade, menemukan kesalahan di semua partai. Umumnya meliputi kesalahan nama anggota, nomor kartu tanda anggota, NIK KTP, tempat tanggal lahir, dan alamat. (*/a)

Click to comment
To Top