Pembahasan RAPBD Koltim 2018 Dilanjutkan – Rakyat Sultra

Rakyat Sultra

Kolaka Raya

Pembahasan RAPBD Koltim 2018 Dilanjutkan

Penyerahan draft RAPBD 2018

TIRAWUTA – Setelah sempat molor pembahasan Kebijakan Umum Anggaran Perubahan (KUA-P) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Pemerintah daerah kabupaten Kolaka Timur (Koltim) bersama DPRD Koltim akhirnya sepakat untuk dibahas ke tahap selanjutnya.
Sempat terjadi miskomunikasi antara legislatif dan eksekutif akhirnya keduanya pun legowo untuk dilanjutkan pembahasannya, setelah kedua pihak melakukan konsultasi ke pemerintah provinsi.
Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Samsul Bahri Majid mengungkapkan untuk kepentingan masyarakat Koltim secara umum RAPBD 2018 harus segera dilanjutkan pembahasannya. “APBD merupakan roh pembangunan di daerah agar percepatan pembangunan terwujud. Tidak ada alasan untuk ditunda. Kita upayakan ini segera ditetapkan,” terang Samsul Bahri beberapa waktu lalu.
Jika memang tidak menemui jalan dalam komunikasi antara eksekutif dan legislatif, maka kepala daerah bisa menetapkan peraturan kepala daerah (Perkada). Olehnya itu komunikasi, dinilai cukup penting.

“Jika itu jalan buntu Perkada memungkinkan untuk ditempuh. Namun alhamdulillah hari ini Pemda bersama DPRD Sepakat melanjutkan pembahasan,” ucapnya.
Sementara itu, Ketua DPRD Koltim, Rahmatia Lukman mengatakan setelah pihaknya melakukan konsultasi ke provinsi ada opsi bisa lewat paripurna. “Kami akhirnya legowo. Untuk pembahasannya dilanjutkan dan mengesahkan penyerahan draft KUAPPAS sebelumnya,” katanya.

Menurutnya ini hanya miskomunikasi antara legislatif dan eksekutif.”Pembahasan dilanjutkan hingga malam dan hari ini sudah dibahas di DPRD,” ucapnya.
Untuk diketahui sejak agenda penyerahan draft KUA PPAS, yang seyogyanya diserahkan Senin (27/11) harus molor dan ditunda sampai batas waktu yang tidak ditentukan.

Padahal menurut salah satu anggota tim TAPD, Eko Budiarto menuturkan penyerahan draft KUA PPAS sebelumnya sudah diserahkan sejak Oktober lalu, namun berhubung para wakil rakyat di DPRD Koltim saat ini tengah melakukan kunjungan kerja keluar daerah.

“Sehingga kita serahkan draft tersebut kepada Sekretaris Dewan (Sekwan) dengan harapan sekembalinya anggota DPRD dari Kunker segera dilakukan pembahasan namun hal itu tidak terjadi,sehingga terjadi miskomunikasi,”cetus Eko.(*/a)

Click to comment
To Top