Bhabinkamtibmas Polsek Lawa Bantu Pengurusan KK dan Akte Kelahiran Warga – Rakyat Sultra

Rakyat Sultra

Muna Raya

Bhabinkamtibmas Polsek Lawa Bantu Pengurusan KK dan Akte Kelahiran Warga

Brigadir Rusdianto usai menyerahkan 45 akte kelahiram dan 72 KK kepada warga Kelurahan Lapadaku Kecamatan Lawa

RAHA-Kehadiran anggota Polri tak hanya dirasakan dalam hal penegakan hukum, namun polisi juga hadir di tengah-tengah masyarakat untuk memberikan pelayanan prima dengan menyelesaikan persoalan yang dihadapai oleh warga masyarakat (problem solving).

Seperti halnya yang dilakukan oleh anggota anggota Bhabinkamtibmas Polsek Lawa yang membantu warga Kelurahan Lapadaku Kecamatan Lawa Kabupaten Muna Barat, untuk mendapatkan kartu keluarga (KK) dan akte kelahiran dari Dinas Catatan Sipil dan Kependudukan.

Anggota Bhabinkamtibmas Polsek Lawa melakukan metode ‘jemput bola’ ke rumah-rumah warga yang belum memiliki akte kelahiran dan KK, dengan mengumpulkan syarat-syarat administrasi yang dibutuhkan untuk proses penerbitan akte kelahiran dan KK. “Setelah seluruh syarat administrasinya terpenuhi, kami langsung fasilitasi ke Dinas Catatan Sipil, untuk diproses,” kata Kapolsek Lawa, Iptu Pontjo Diredjo, S.Ag.

Alhasil, Selasa (27/11) Brigadir Rusdianto, anggota Bhabinkamtibmas menyerahkan 45 akte kelahiran dan 72 KK kepada warga Kelurahan Lapadaku.Kegiatan ini kata Pontjo Diredjo, merupakan salah satu wujud peran Polri untuk membantu warga masyarakat yang membutuhkan, serta mendekatkan diri dengan masyarakat. Kegiatan ini pula kata dia, turut membantu pihak Catatan Sipil dalam hal pendataan kependudukan.

Dokumen kependudukan, seperti KK dan akte kelahiran, sangat penting bagi masyarakat, mengingat dokumen ini menjadi syarat utama untuk memperoleh bantuan sosial dari pemerintah, seperti bantuan bedah rumah dan bantuan bagi warga lanjut usia. Wa Minu, warga Kelurahan Lapadaku merasa berterima kasih dengan bantuan dari Bhabinkamtibmas Polsek Lawa. Pasalnya, selama ini ia tak bisa mendapat bantuan sosial, dikarenakan tidak memiliki KK dan akte kelahiran. Namun dengan bantuan aparat Bhabinkamtibmas, Wa Minu saat ini sudah memiliki KK dan akte kelahiran (sra/hum)

Click to comment
To Top