TP PKK Kendari Maksimalkan 10 Program PKK – Rakyat Sultra

Rakyat Sultra

Metropolis

TP PKK Kendari Maksimalkan 10 Program PKK

Pelaksanaan rapat Konsultasi/Koordinasi TP-PKK tingkat Kota Kendari, Selasa (28/11).

KENDARI – Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Kendari Tahun 2017 mengadakan rapat konsultasi/koordinasi guna mewujudkan konsolidasi program sebagai sarana mewujudkan akselerasi program kerja PKK Tahun 2017. Kegiatan tersebut diikuti seluruh kelurahan yang ada di Kota Kendari.

Sekretaris Daerah Kota Kendari Alamsyah Lotunani mengatakan, pelaksanaan rapat koordinasi tersebut diharapkan membuat suatu program kerja untuk masa bakti kepengurusan saat ini.

“Namun, dalam menyusun program ini, kita perlu mengungkapkan permasalahan yang biasa terjadi di tengah masyarakat,” ucapnya, Selasa (28/11) saat membuka acara rakor di Plaza In Hotel.

Katanya, permasalahan-permasalahan yang menjadi tugas pokok adalah mewujudkan sepuluh program PKK. Misalnya, bagaimana penghayatan dan pengamalan pancasila. “Kita harapkan semua masyarakat harus bisa menghayati dan mengamalkan pancasila dengan baik. Kemudian, kewajiban kita sebagai pengurus harus memfasilitasi dan memediasi masyarakat agar bisa mengamalkan pancasila,” cetusnya.
Selain itu, kata Alamsyah, kewajiban pengurus PKK berikutnya yaitu mengupayakan munculnya rasa gotong royong diantara masyarakat. Pasalnya, sambung Alamsyah, bekerja bersama lebih baik dari pada bekerja sendiri-sendiri.
Ia melanjutkan, kewajiban berikutnya yakni bagaimana meningkatkan permasalahan pangan, sebab pangan merupakan kebutuhan dasar bagi masyarakat. Terutama pangan yang bergizi bagi anak-anak. “Dengan mengkonsumsi makanan bergizi, akan meningkatkan kapasitas SDM generasi muda untuk menjadi harapan bangsa. Selain itu, ada juga masalah sandang, perumahan, pendidikan dan keterampilan. Ini semua tugas kita, setelah itu ada masalah kesehatan, walaupun ada lembaga yang mengurusi sendiri, tetapi kita harapkan partisipasi masyarakat bisa terwujud dari keberadaan kita sebagai TP PKK di tengah masyarakat,” terangnya.
Lanjutnya, bagaimana mewujudkan pengembangan kehidupan berkoperasi. Lalu, masalah pelestarian lingkungan, terlebih lagi Kota Kedari memiliki brand sebagai kota hijau. Olehnya itu, dirinya berharap keberadaan PKK di Kota Kendari, bisa berperan aktif dalam menciptakan kota hijau.”Salah satunya adalah bagaimana kita menanam pohon sebanyak-banyaknya dan juga bagaimana kita mengolah sampah menjadi bahan daur ulang,” jelasnya.
Melalui kegiatan rakor, kata Alamsyah, akan semakin meningkatkan wawasan pengetahuan para pengurus. Terlebih lagi, menjadi ajang tukar informasi sesama pengurus dari kelurahan satu ke kelurahan lainnya.
Dia akhir sambutannya, dirinya menganjurkan, agar para ketua TP-PKK Kelurahan harus selalu berkoordinasi dengan lurah. Bahkan, disetiap kelurahan harus memiliki visi misi guna membantu menciptakan program yang di impikan. (p11/b/alp)

 

Click to comment
To Top