Stok Beras Bulog Aman – Rakyat Sultra

Rakyat Sultra

Probiz

Stok Beras Bulog Aman

La Ode Amijaya Kamaluddin

KENDARI – Kepala Perum Bulog Divisi Regional (Divre) Sulawesi Tenggara (Sultra), La Ode Amijaya Kamaluddin menyebut stok beras bulog di Sultra, aman hingga Desember 2017 mendatang.

“Persediaan beras Bulog aman sampai tiga bulan kedepan. Stok yang dikuasai bulog Sultra dapat bertahan hingga Desember  2017. Karena posisi hari ini, kita sementara pengadaan. Kemungkinan kita bisa dapat 3.000 ton beras lagi untuk pengadaan. Bisa dibilang, stok beras bulog kita masih aman. Kenapa dibilang aman, karena kita saat ini menguasai 8.000 ton beras,” ujar Amijaya di kantornya, Rabu (27/9).

Dia mengatakan, jika sukses 8.000 ton ini bisa bertahan hingga Desember, maka pengadaan yang 3000 ton tersebut bisa mencukupi hingga Maret 2018 mendatang. Penyebaran bulog ke-17 kabupaten dan kota, hampir tidak mengalami kendala sama sekali, karena distribusi beras dilakukan melalui dua cara yakni cara movreg movnas. Movreg itu, dipindahkan beras-beras yang ada di Kendari ke Raha, Baubau dan sekitarnya. Sedangkan movnas untuk keperluan penyaluran rastra itu sendiri.

“Kuota bulog yang terbanyak di Sultra, yakni Kota Kendari. Wilayah Sultra daratan ini lebih besar penduduknya, jadi itulah salah satu indikatornya di Kendari mempunyai kuota terbanyak rastra,” ucapnya.

Dia menuturkan, pengadaan beras bulog Sultra bersumber dari sejumlah daerah lumbung pangan yakni Konawe, Kolaka Timur, Kolaka, Bombana, dan Kota Kendari. Dia mengaku, semua rastra yang disalurkan kepada sasaran tersebut tanpa tunggakan karena jika sudah dibayar baru akan disalurkan hingga ke titik distribusi yang disepakati oleh masyarakat.

“Dari gudang Bulog rastra itu antar ke titik distribusi seperti kantor camat yang disepakati. Dari titik itu tergantung pengaturan pihak kecamatan atau lurah dan desa untuk penyaluran sampai ke rumah tangga sasaran berdasarkan kesepakatan juga,” katanya.

Menurut Amijaya, dalam melakukan pendistribsian diupayakan pada daerah-daerah sulit harus lebih awal terutama ketika suaca sedang bagus.”Kami berharap agar tahun ini bulog Sultra dapat mengatasi kelangkaan ketersediaan pangan khususnya rastra. Karena bulog dengan RPKnya, siap menyalurkan distribusi beras rastra di Sultra, dan kedepan RPK ini dapat menjadi bantuan pangan non tunai ke masyarakat,” tutupnya. (rs)

Click to comment
To Top