Pemda Koltim Warning PT Hasfarm – Rakyat Sultra

Rakyat Sultra

Kolaka Raya

Pemda Koltim Warning PT Hasfarm

Pemda Koltim Warning PT Hasfarm

TIRAWUTA – Setelah pengajuan permohonan perpanjangan Hak Guna Usaha (HGU) PT Hasfarm Niaga Nusantara (HNN) disetujui oleh kementerian agraria dan tata ruang (ATR) sejak 2013 lalu dengan izin produksi seluas 47,8 hektar, maka perusahaan yang kosentrasi pada komoditi kakao ini bisa kembali eksis di di kecamatan Lambandia Kolaka Timur (Koltim).

Legalnya PT Hasfarm berinvestasi di daerah dengan julukan agrobisnis Sultra ini, pun diharapkan pemerintah daerah Kolaka Koltim (Koltim) untuk dimanfaatkan dengan baik dalam pengembangan komoditi kakao.

Asisten I Pemda Koltim, Eko Budiarto Santoso menegaskan PT Hasfarm harus memiliki keseriusan dalam melakukan pengolahan tanaman kakao, karena sebelumnya kasus penyerobotan lahan  akibat tidak dimanfaatkannya lahan yang tersedia.

“Sebelumnya itu, dari total 273 hektar yang tersedia hanya sekitar 21 hektar yang baru dimanfaatkan. Inikan salah satu alasan penyerobotan lahan oleh masyarakat,” tegas Eko, beberapa waktu lalu.

Olehnya itu, mantan Kadis Perumahan dan Kelistrikan Koltim ini menekankan kepada perusahaan untuk memanfaatkan lahan seluas 47,8 hektar sehingga tidak. “Saya minta lahan seluas 47,8 yang sudah sah sebagai HGU dikelolah maksimal. Jika tidak dikelola dan ada masyarakat yang menyerobot jangan disalahkan lagi,” ucapnya.

Menurutnya, jika dalam jangka waktu enam bulan setelah dikeluarkannya HGU perusahaan tidak melakukan aktivitas maka ada peluang BPN mencabut kembali HGU berdasarkan pertimbangan teknis atau permohonan pemerintah setempat. “Saya sudah ancam kapan perusahaan tidak melakukan aktivitas selama enam bulan maka akan dilakukan evaluasi,”katanya.(rs)

Click to comment
To Top