Mahasiswa Jurnalistik UHO Jadi Duta Pemuda Kreatif  – Rakyat Sultra

Rakyat Sultra

Pendidikan

Mahasiswa Jurnalistik UHO Jadi Duta Pemuda Kreatif 

Rahmad Alzadiman

KENDARI – Jurusan Jurnalistik Universitas HaluOleo (UHO) Kendari, patut berbangga. Pasalnya, salah satu mahasiswanya, Rahmad Alzadiman berhasil menjadi Duta Pemuda Kreatif Sultra yang diberikan oleh Kementerian Kepemudaan dan Olahraga (Kemenpora) 23 September lalu di Lombok Nusa Tenggara Barat (NTB).

Saat diwawancarai oleh wartawan Harian Rakyat Sultra, Rahmad Alzadiman menjelaskan, sebelum terpilih sebagai Duta Pemuda Kreatif Sultra. Terlebih dahulu melalui beberapa tahap, mulai dari pengajuan program (proposal) hingga mengikuti tes wawancara.

“Allhamdulillah, dari ribuan orang yang mendaftar, saya terpilih dan diberangkatkan untuk mengikuti pelatihan selama lima hari dan dikukuhkan sebagai Duta  Pemuda Kreatif Sultra,” jelasnya, Rabu (27/9).

Katanya, dari 34 Provinsi yang mengikuti kegiatan tersebut, hanya 32 Provinsi, termasuk Sultra yang diwakili oleh mahasiswa semester tujuh tersebut.

Ia mengungkapkan, tugas seorang Duta Pemuda Kreatif yakni mengumpulkan para remaja-remaja untuk menciptakan inovasi dan kreatifitas di daerah sendiri yang bisa bermanfaat bagi masyarakat bahkan bisa bermanfaat secara nasional.

“Semua itu, tergantung dari karya masing-masing pemuda, yang penting karya tersebut bisa bermanfaat bagi masyarakat. Tinggal mengajukan program saja, jika diterima maka akan diberikan dana untuk dilaksanakan didaerah sendiri. Pokoknya kreatifitas pemuda yang dicari,” jelasnya.

Ia mengungkapkan, program yang diusulkan yakni mengenai  perfilman. Alasan, dirinya  memilih perfilman, sebab perfilman di Sultra kurang didukung oleh masyarakat bahkan Pemerintah Daerah (pemda).

“Saya berusaha membuat suatu kegiatan perfilman daerah, agar masyarakat Sultra bisa menghargai perfilman hasil karya lokal yang muncul dari kreatifitas para remaja,” ungkapnya.

Dirinya berharap dengan terpilihnya sebagai Duta Pemuda Kreatif Sultra. Ia bisa mengajak remaja-remaja di Sultra untuk bisa berkarya bagi daerah, sehingga bisa terasa manfaatnya oleh masyarakat. (rs)

Click to comment
To Top