Rakyat Sultra Online

Muna Raya

Bupati Motivasi Petani di Muna

Bupati Muna, LM Rusman Emba saat menyerahkan secara simbolik bantuan Alsintan.

RAHA – Bupati Muna, LM Rusman Emba, ST menyerahkan puluhan unit alat dan mesin pertanian (Alsintan) kepada pengelola Alsintan di Muna. Penyerahan itu dilakukan di Kantor Dinas Pertanian Kabupaten Muna, Selasa (19/9) disaksikan oleh Kepala Dinas Pertanian Muan, Hamalin.

Alsintan ini merupakan bantuan dari Kementrian Pertanian RI untuk para oetani di Kabupatrn Muna, sebagaimana janji Mentri Pertanian (Metan), Amran Sulaiman saat berkunjung di Sultra, akan memberikan bantuan Alsintan untuk masyarakat Muna. Alat-alat tersebut terdiri dari satu unit eksavator mini, 10 unit traktor, 50 unit alat tanam jagung, 28 unit alat tanam jagung dan kedelai serta 4 unit alat tanam padi.

Bupati menyampaikan, bantuan ini menjadi tanggungjawab besar bagi Pemkab Muna untuk menggunakanya dalam membantu petani menggarap lahan dan melakukan penanaman. Menurutnya, dengan adanya Alsintan, harus ada hasil yang didapat petani dalam mengolah lahanya. “Bantuan ini bukan cuma-cuma, harus ada hasilnya. Pak Mentri juga sudah mengakui kemampuan petani-petani di Muna,” kata Rusman.

Sementara itu Kadiatan Muna, Hamalin, menjelaskan, bantuan ini turun ke Kabupaten Muna, semuanya tak lepas dari peran Bupati Muna yang membangun komunikasi dengan pemerintah pusat dalam hal ini Kementan.

Alsintan ini kata dia, dapat digunakan oleh masyarakat petani di Muna dal mengolah lahannya. Caranya mudah, petani mengajukan permohonan kepada organisasi Brigade Alsintan sebagai pengelola, lalu petani hanya menyiapkan biaya oprasional berupa BBM, gaji operator dan biaya penyusutan alat. ” Satu hektar dikenakan biaya sebesar Rp 1,5 juta. Ketentuan itu termuat dalam pedoman alsintan,” terangnya. (rs)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Rumah Makan Union Kendari
Jalan Sehat 2018
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Rakyat Sultra dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.
rakyatsultra apk

©2016 Rakyat Sultra by Fajar.co.id

To Top