Tingkatkan SDM Dosen untuk Pemanfaatan Nuklir – Rakyat Sultra

Rakyat Sultra

Pendidikan

Tingkatkan SDM Dosen untuk Pemanfaatan Nuklir

Suasana pelaksanaan Training  Of Trainer (TOT)  Petugas Proteksi Radiasi  (PPR) Medik Tingkat 2, di FMIPA Universitas Halu Oleo Kendari

* FMIPA UHO Genjot Kerja Sama dengan BAPETEN

KENDARI – Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Halu Oleo (UHO) melaksanakan Training  Of Trainer (TOT)  Petugas Proteksi Radiasi  (PPR) Medik Tingkat 2, bekerja sama dengan Balai Pendidikan dan Pelatihan BAPETEN (Badan Pengawas Tenaga Nuklir). Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan SDM Dosen di lingkup FMIPA UHO dibidang pemanfaatan nuklir di Sulawesi Tenggara (Sultra).

Kepala Balai Diklat BAPETEN, Lukman Hakim mengungkapkan,  Training ini bertujuan untuk meningkatkan SDM Dosen dalam menyiapkan tenaga pengajar yang cakap dan terampil sebagai pengajar pada pelatihan PPR.

Turur hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Seksi Penyelenggaraan dan Sarana Pelatihan, Supeni, Rektor Universitas Halu Oleo, Prof Muhammad Zamrun.

“Periode pertama ini rencana peserta sebanyak 20 orang, namun yang datang sekarang ini adalah

sebanyak 31 orang. Jadi, Universitas Halu Oleo yang menyiapkan SDM nya berapa, setelah itu kita kembangkan pengetahuan pemanfaatan tenaga nuklir,” ujar Lukman, Senin (25/9).

Dia menuturkan, dosennya akan dilatih tentang ketenaga nukliran, dan pelatihan-pelatihan ini akan diarahkan pada peningkatan kompetensi dosen. “Jadi, kedepannya nda perlu lagi ke Jakarta, disini dosen sudah diberikan kemudahan untuk melakukan pengembangan pemanfaatan tenaga nuklir,” ucapnya.

Bukan sekedar pemanfaatan dalam lingkup civitas akademika, namun instansi pemerintah juga dapat meningkatkan pemanfaatan tenaga nuklir yang aman.

Pengajar pelatihan berasal dari internal BAPETEN dengan menerapkan metode penyampaian materi, diskusi, pembimbingan dalam pembuatan bahan ajar, dan presentasi hasil pembuatan bahan ajar. Lukman memastikan pemanfaatan tenaga nuklir di wilayah Kendari dan sekitarnya aman dan selamat.

Sementara itu, Rektor UHO, Prof Muhammad Zamrun melalui arahannya sangat mengapresiasi inisiatif BAPETEN menggelar TOT PPR Medik 2 untuk para dosen fakultas MIPA. Zamrun juga mengimbau agar para dosen dapat mengikuti materi dengan serius dan semangat menjadi calon pengajar pada pelatihan PPR Medik Tingkat 2.

“Kalangan civitas akademika Universitas Halu Oleo menyambut baik atas kerja sama yang dilakukan dengan diberi kesempatan mengajukan diri sebagai lembaga pelatih PPR Medik Tingkat 2,” tutupnya.(rs)

Click to comment
To Top