Seleksi PPK dan PPS Pilgub Dibuka 12 Oktober – Rakyat Sultra

Rakyat Sultra

Muna Raya

Seleksi PPK dan PPS Pilgub Dibuka 12 Oktober

Muhammad Taufan

LAWORO – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Muna Barat (Mubar) akan melakukan rekrutmen Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang bertugas selama perhelatan pemilihan Gubernur Sultra mulai 12 Oktober mendatang. Jadwal tersebut berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) No. 1 tahun 2017.

Komisioner KPU Muna Barat, Muhammad Taufan menjelaskan, rekrutmen PPK dan PPS  Pilgub menjadi kewenangan KPU kabupaten/kota. Meski demikian, sesuai aturan, jumlah anggota PPK berbeda dengan PPK yang bertugas di Pilkada serentak 2017. Jika Pilkada 2017, PPK berjumlah 5 orang, maka pada Pilgub Sultra 2018 mendatang hanya berjumlah masing-masing 3 orang. Sementara PPS, tetap berjumlah tiga orang saja.

“Jumlah PPK yang bertugas dalam Pilgub 2018, berbeda dengan jumlah anggota PPK Pemilihan Kepala Daerah 2017 lalu. Jika sebelumnya anggota PPK 5 orang, maka berdasarkan Undang-Undang No. 7 tahun 2017 jumlah PPK dan PPS masing-masing hanya 3 orang saja. Pembentukan PPK dan PPS hingga pembentukan KPPS merupakan tugas KPU kabupaten/kota. Akan tetapi, jumlah dan syarat usia calon anggota PPK dan PPS, mengacu pada undang-undang Nomor 7 Tahun 2017,” jelas Taufan.

Meski rekrutmen anggota PPK dan PPS mengacuh aturan baru itu, Taufan menyebut syarat pendaftaran tidak mengalami perubahan. Demikian pula dengan proses seleksi, koordinator Sumberdaya Manusia dan Parmas ini bilang KPU akan melakukan rekrutmen secara terbuka dan transparan. Artinya masyarakat bisa mengakses mulai pendaftaran, seleksi dan pengumuman. Dengan demikian diharapkan mereka yang lolos menjadi anggota PPK dan PPS adalah orang-orang yang memiliki kredibiltas dan mampu menjalankan tugasnya dengan baik.

“Syarat pendaftaranya sama, tidak berbeda dengan Pilkada yang lalu. Tetapi kita tunggu tahapan Pilkada serentak keluar, baru kita lihat,” pungkasnya. (rs)

Click to comment
To Top