Pengaspalan Jalan Wabula Belum Tuntas – Rakyat Sultra

Rakyat Sultra

Buton Raya

Pengaspalan Jalan Wabula Belum Tuntas

Proses pengaspalan jalan. Saat ini pengaspalan jalan menuju ke kecamatan Wabula belum tuntas akibat keterbatasan anggaran Pemda.   

PASARWAJO – Pembangunan ruas jalan menuju ke Kecamatan Wabula, belum tuntas. Rencananya ditargetkan tuntas pada tahun anggaran 2018.

Jalan Wabula memiliki panjang sekitar 4  kilometer lebih. Namun, karena keterbatasan anggaran tahun lalu, tersisa 1 kilometer lebih yang belum di aspal sampai desa Wasuemba.

“Sisanya kita akan lanjutkan nanti pada tahun anggaran 2018,” kata Kepala Dinas PU Kabupaten Buton Muhammad Rajulan  ditemui di ruang kerjanya, Senin (26/9).

Sejatinya kata dia, pengaspalan jalan Wabula akan dilanjutkan dan direalisikan pasca penetapan APBD Perubahan 2017. Namun, harapan ini pupus setelah Dana Alokasi Khusus (DAK) ditunda. Sehingga, pengaspalan akan direalisasikan tahun anggaran 2018.

“Sebenarnya pengaspalan ini adalah program prioritas kami, tapi DAK ditunda. Nanti tahun anggaran 2018 dianggarkan lagi,” tuturnya.

“Permasalahan DAK ini tidak hanya dialami oleh Kabupaten Buton, juga berlaku di semua daerah, secara nasional,” jelasnya.

Sisa jalan yang belum diaspal ini lanjut dia, akan dituntaskan satu kali. Maka dari itu, pihaknya tidak akan melakukan pengerasan terlebih dahulu, ditakutkan menganggu kenyamanan masyarakat.

“Kalau kita buat pengerasan yang kita khawatirkan masyarakat terganggu akibat debu, jadi sekalian saja setelah ada anggaran,” tutupnya.

Untuk diketahui proyek ini bernama pengaspalan jalan Sp.3 Dongkala-Wasuemba Kecamatan Wabula, DAK penugasan 2017 dengan pagu anggaran sebesar Rp 5,7 miliar. (rs)

Click to comment
To Top