UHO Gelar English Expo se Indonesia Timur – Rakyat Sultra

Rakyat Sultra

Pendidikan

UHO Gelar English Expo se Indonesia Timur

Suasana foto bersama panitia dan Wakil Dekan III FKIP UHO, Dr Mustamin Anggo, Minggu (24/9).

KENDARI – Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, mengadakan kegiatan level nasional yakni English Expo 2017 se Indonesia Timur yang bertemakan  “Bring Your English On” mulai 23 sampai dengan 30 September, di Gedung Auditorium Mokodompit UHO.

Wakil Dekan III FKIP UHO, Dr Mustamin Anggo sekaligus membuka acara kegiatan mengungkapkan, kegiatan English Expo merupakan event yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya oleh mahasiswa bahasa inggris dan sangat didukung oleh pihak Fakultas.

“Ini kegiatan yang positif dan sangat bagus.  Ini juga kegiatan akademik yang nilainya begitu tinggi ketika akreditasi jurusaan dilakukan, karena pointnya besar. Makanya kami sangat mendukung,” jelasnya,  Minggu (24/9).

Ia mengatakan, jurusan yang telah melaksanakan kegiatan seperti itu, terus didorong untuk dikembangkan. Begitupun jurusan-jurusan di FKIP yang belum melaksanakanya.

“Banyak hal yang bisa dipelajari dari sini. Seperti, mahasiswa belajar mengadakan suatu kompotisi yang hasilnya nanti, bisa dig unakan sebagai bekal untuk diabdikan kepada masyarakat ketika lulus,” jelasnya.

Selain itu, untuk dilevel siswa, kata Muhaimin, ajang tersebut adalah untuk menunjukkan kemampuan siswa dalam mengekpresikan sesuatu yang sudah di pelajari di sekolah guna melihat sejauh mana tingkat kemampuan yang dimiliki.

Sementara itu,  Eka Sulistia Cahya selaku ketua panitia kegiatan menuturkan,  kegiatan English Expo diikuti mulai dari jenjang tingkat SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA hingga Universitas.

Untuk jenjang SD/MI jenis perlombaanya, seperti games, spelling dan unscramble. Sedangkan, untuk jejang SMP/MTs seperti speech,  story telling, dan words chelengge. Kemudian,  untuk jenjang SMA/SMK/MA seperti debate competition, public speaking contest,  quis question competition dan english olympic. Terakhir untuk tingkat Universitas seperti debate competition dan public speaking contest.

“Partisipan peserta kurang lebih 500 orang yang datang dari berbagai daerah, mulai dari Kabupaten Kolaka, Konawe, Raha, Buton dan Kota Kendari sendiri. Bahkan, ada juga dari luar Sultra,  seperti Kota Makasaar, Palopo dan masih banyak lagi,” ungkap,  mahasiswa semester tujuh itu.

Adapun Universitas yang telah melakukan konfirmasi dan pendaftara, yakni Unismu Makasar, Univeritas Muhammadiyah Pare Pare,  Universiyas Fajar,  Universitas Sebelas November, Universitas Lakidende dan Universitas Halu Oleo sendiri.

“Kegiatan ini bertujuan meningkatkan kemampuan kompetisi utamanya dibidang bahasa inggris. Apalagi bahasa inggris menjadi ranah yang kompleks bagi dunia pendidikan,  karena kita harus bersaing dengan negara-negara lain. Istilahnya kita ingin mendukung peningkatan kualitas  pendidikan dari daerah, khususnya Sultra melalui English Expo,” pungkasnya.

Ia menggungkapkan,  kegiatan Englis Expo sudah berlangsung selama 10 tahun yang dilaksanakan secara turun-temurun.  (rs)

Click to comment
To Top