Program Kuliah Gratis di Korsel Masih “Enjel” – Rakyat Sultra

Rakyat Sultra

Konawe Raya

Program Kuliah Gratis di Korsel Masih “Enjel”

ilustrasi

WANGGUDU – Pengiriman mahasiswa asal Konawe Utara untuk kuliah di Universutas Chungbuk, Korea Selatan dipertanyakan oleh Komisi C DPRD Konawe Utara yang membidangi pendidikan.

Komisi C mempertanyakan realisasi program kuliah gratis yang dijanjikan tersebut. Pasalnya, program yang digagas antara Pemerintah kabupaten Konawe Utara bersama dengan Pemerintah Korsel ini belum kelihatan progresnya.

Ketua Komisi C DPRD, Samir, Minggu (24/9) mengatakan, program yang sudah disampaikan ke publik Konut sejak awal bulan lalu ini seharusnya sudah berjalan. Apalagi penerimaan siswa baru universitas di Indonesia sudah selesai.

“Kita sudah masuk tahun ajaran baru. Proses penerimaan mahasiswa sudah selesai. Tetapi kalau untuk Korsel kita tidak tahu sama dengan kita. Sekarang saya tantang bupati kapan pengiriman mahasiswa akan terealisasi,” ucapnya.

Ketua Hanura ini menuturkan, jika pihak eksekutif kewalahan dalam hal pengurusan. Komisi C bersedia membantu untuk melakukan pendataan calon mahasiswa yang akan dikirim. Mahasiswa yang akan dikirim ini tentunya berprestasi.

“Kita bersedia membantu pihak eksekutif dalam hal pendataan siswa-siswi berprestasi. Kita akan bantu data mulai dari kecamatan Motui sampai Wiwirano. Minimal dua orang setiap kecamatan,” katanya.

“Kalau perlu kita tarik mahasiswa kita yang berprestasi yang saat ini melaksanakan kuliah di universitas dalam negeri. Kalau memang akan dilakukan pengiriman tahun ini,” lanjut Samir.

Bupati Konut, Ruksamin yang dikonfirmasi belum bisa menyebutkan kapan program ini terealisasi. Menurutnya pelaksanaan program ini masih menunggu regulasi. “Nanti aja dulu, disusun dulu regulasinya,” singkatnya.

Pemda Konut berdasarkan kesepakatan bersama pihak Universitas  bakal mengirim sebanyak 30 orang untuk melanjutkan kuliah di Korsel. Perkuliahan di Korsel ini akan ditanggung oleh PT MBG salah satu investor yang akan membangun smelter di Konut. (rs)

Click to comment
To Top