Tidak Semua JH Sultra Menggunakan Pesawat Carter – Rakyat Sultra

Rakyat Sultra

ridwan bae ggd"
Sultra Raya

Tidak Semua JH Sultra Menggunakan Pesawat Carter

ilustrasi

KENDARI – Panitia haji dan maskapai penerbangan Sriwijaya menggelar rapat untuk jadwal pemulangan para Jemaah Haji (JH) Sultra pada Rabu (13/9) di Makassar. Dari jadwal penerbangan, rupanya hanya lima daerah yang menggunakan jasa penerbangan sriwijaya via carter. Sementara JH lainnya menggunakan jasa penerbangan reguler.

Kabid Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Sultra Wa Masi mengatakan,  lima daerah yang menggunakan penerbangan carter antara lain JH asal Kota Kendari, Kanawe, Konut, Butur dan Koltim. Selebihnya ada yang menggunakan jasa perbenangan reguler dan juga kapal laut.

Wa Masi menjelaskan, penerbangan via carter dan reguler merupakan keinginan para jemaah haji. Olehnya pihaknya hanya menyesuaikan keputusan para JH saja. Dijelaskannya, perbedaan penerbangan via carter dan reguler berada pada biaya.

Perbedaan biaya antara carter dan reguler cukup signifikan, yakni pesawat carter lebih mahal 50 persen ketimbang pesawat reguler. Hanya saja fasilitas untuk pesawat carter cukup memadai. Mulai dari pengangkutan barang-barang para JH, kesediaan makanan, juga dispensasi waktu bagi para JH yang terlambat masuk pesawat.

“Jadi ini pesawat carter kelebihannya banyak, makanya mahal. Salah satunya  kalau ada JH yang terlambat yah ditungguin, barang-barangnya juga diangkutkan menuju di atas pesawat,” terangnya.

Sedangkan untuk pesawat reguler, fasilitasnya sama halnya dengan pesawat penumpang pada umumnya. Yakni barang-barang milik penumpang merupakan tanggung jawab penumpang itu sendiri jika hendak naik di atas pesawat. Selain itu juga jika ada penumpang yang terlambat maka tiketnya hangus.

“Murah memang ketimbang carter, tapi itu dia kalau ada penumpang terlambat yah ditinggal.  Kalau ada juga penumpang banyak barangnya yah angkut sendiri. Tapi semua keputusan JH mau naik pesawat apa itu semua dikembalikan kepada para JH. Hasilnya adalah hanya 5 daerah yang menggunakan penerbangan via carter,” tutupnya. (rs)

Click to comment
To Top