Taspen Sosialisasi Hak dan Kewajiban PNS Pensiun – Rakyat Sultra

Rakyat Sultra

ridwan bae ggd"
Muna Raya

Taspen Sosialisasi Hak dan Kewajiban PNS Pensiun

PT Taspen melakukan sosialisasi hak dan kewajiban PNS di lingkup Pemda Mubar di Aula Kantor Bupati Mubar, Senin (11/9).

LAWORO – PT Taspen, Senin (11/9) melakukan sosialisasi tentang hak dan kewajiban Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang akan pensiun bagi seluruh PNS di Muna Barat. Sosialisasi ini untuk mempermudah layanan serta memberikan pemahaman program-program PT Taspen (persero).

“Ketika PNS mencapai usia pensiun tidak perlu lagi datang di Taspen tinggal berurusan di BKD nanti disana di tentukan pencairannya lewat Bank apa, apakah di BPD atau Bank lain setelah itu pihak Bank akan menyampaikan kepada Taspen,” kata Kepala Seksi Pelayanan Manfaat bagi Pensiun PT Taspen Kencari, Muslimin.

Dia menjelaskan, Program Tabungan Hari Tua dan Program Pensiun ini sudah termaktub dalam Peraturan Pemerintah No. 25 tahun 1981 tentang Asuransi Sosial Pegawai Negeri Sipil pasal 1. Dalam PP itu, iuran pensiun bagi PNS yang telah mencapai usia pensiun sebanyak 10 persen dari gaji pokok. “10 persen itu terbagi 3, yaitu 2 persen masuk di Askes, 3,25 persen masuk Tunjangan Hari Tua (THT) dan 4,75 persen untuk pensiun yang diterima setiap bulan dari APBN,” jelasnya.

Dia bilang, agar para PNS bisa memperoleh hak pensiun dan bisa masuk dalam program pensiun, maka setiap bulan wajib membayar iuran sebesar 4,75 persen dari gaji pokok sebagai sumber pendanaan program pensiun.

“Semua sudah diatur dalam Keputusan Presiden Nomor 8 Tahun 1977 dan juga termaktub dalam Peraturan Pemerintah No. 25 Tahun 1981. Bahwa iuran yang disetor PNS sebanyak 4,75 persen dari gaji pokok,merupakan salah satu sumber pendanaan program pensiun PNS yang akan diterima oleh PNS saat pensiun,” pungkasnya. (rs)

Click to comment
To Top