SMAN 4 Tetap Terapkan Lima Hari Sekolah – Rakyat Sultra

Rakyat Sultra

ridwan bae ggd"
Pendidikan

SMAN 4 Tetap Terapkan Lima Hari Sekolah

Suasana proses belajar mengajar siswa SMAN 4 Kendari didalam penerapan Lima Hari Sekolah, Rabu (12/9).

KENDARI – Belum lama ini, Presiden RI Joko Widodo telah mengeluarkan Peraturan Presiden (Perpres) bahwa Lima Hari Sekolah (LHS) tidak wajib dilaksanakan sekolah. Meskipun demikian, SMPN 4 Kendari sebagai sekolah piloting literasi tetap akan menjalankannya.

Saat ditemui Ruslan selaku, Kepala SMAN 4 Kendari mengatakan, sekolah yang dibinanya itu akan tetap melaksanakan LHS, walaupun Presiden Jokowi telah mengeluarkan peraturan presiden, dengan penggunaan dua opsi.

“Kami tetap melaksanakan LHS, terkait dua opsi yang disediakan menjadi pilihan di setiap satuan pendidikan. Apakah melaksanakan LHS ataukah enam hari sekolah dalam seminggu,” ujarnya,” Rabu (12/9).

Katanya, peraturan presiden tidak ada larangan untuk menghentikan LHS, tetapi tetap memberi ruang untuk Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) bisa dilaksanakan LHS atau dengan enam hari sekolah.

Ia mengungkapkan, selama penerapannya, LHS secara garis besar tidak ada masalah, baik dari siswa maupun dari guru-guru pengajar.

“Sampai jumat pun sekolah siswa-siswa disini masih melanjutkan kegiatan ektrakurikuler di hari sabtu. Artinya, kegiatan ekstra yang tidak terselesaikan di LHS, siswa bisa melanjutkannya di hari sabtu,” ungkap Kepsek yang juga Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Kota Kendari itu.

Dirinya sebagai pendidik, mengungkapkan kegiatan ektrakurikuler jauh lebih baik ketimbang duduk disekitar rumah bergaul dengan orang lain yang tidak bersekolah.

Pada prinsipnya, kata Ruslan, sekolah yang akan menerapkan LHS harus memperhatikan sarana prasarana. Mulai dari kesiapan ruang kelas, laboratorium, kamar mandi, mushola, bahkan  SDM dalam hal ini guru pengajar.

Berdasarkan data yang diberikan, semua sekolah negeri yang ada di Kota Kendari telah melaksanakan LHS, seperti SMAN 1 Kendari, SMAN 2 Kendari, SMAN 3 Kendari, SMAN 4 Kendari, SMAN 5 Kendari, SMAN 6 Kendari, SMAN 7 Kendari, SMAN 8 Kendari, SMAN 9 Kendari dan  SMAN 10 Kendari. Sedangkan untuk SMK, mulai dari SMKN 1 Kendari, SMKN 2 Kendari, SMKN 3 Kendari, SMKN 4 Kendari, SMKN 5 Kendaridan SMKN 6 Kendari. (rs)

Click to comment
To Top