Pengajuan Berkas PAW Dua Politisi PAN Masih di Pemprov – Rakyat Sultra

Rakyat Sultra

ridwan bae ggd"
Metropolis

Pengajuan Berkas PAW Dua Politisi PAN Masih di Pemprov

ilustrasi

KENDARI – Pengajuan Pengganti Antar Waktu (PAW) bagi dua politisi PAN yang juga anggota legislatif di DPRD Kendari yakni Aladin dan Steve Ousten Rere, sudah sampai di tangan Pemerintah Provinsi Sultra sejak beberapa minggu lalu.

Kabag Otonomi Daerah Biro Pemerintahan Provinsi Sultra, Tomi Indrasukiadi mengungkapkan, pihaknya telah menerima dokumen terkait PAW Aladin dan Steve Ousten Rere, yang sebelumnya telah diajukan oleh Wali Kota dan DPRD Kendari ke Provinsi Sultra.

“Saat ini Provinsi tengah mengkaji dan pelajari sesuai ketentuan apakah bisa dilanjutkan atau tidak. Terlebih dokumen itu baru kita terima, tentu kita akan lakukan sesuai mekanisme,” jelasnya, Selasa (12/9).

Adapun pengajuan PAW, katanya, ditangani langsung oleh Biro Pemerintahan. Jika dokumen atau berkas PAW tersebut sudah sesuai dengan prosedural, selanjutnya akan diproses lebih lanjut.

“Hal yang perlu kita ketahui dalam masalah ini, seharusnya terlebih dahulu diselesaikan di pemerintahan kabupaten/kota. Sementara, gubernur tinggal mengesahkan,” ungkapnya.

Artinya, sambung Tomi, fungsi gubernur pada kasus seperti ini adalah hanya untuk mengesahkan. Adapun permasalahan yang terjadi seharusnya sudah diselesaikan di tingkat kabupaten/kota. Sehingga, bunyi keputusan pengesahan itu ialah pengangkatan ataupun pemberhentian.

“Sebenarnya ada pihak-pihak lain yang terlibat selain gubernur, seperti di Kota Kendari yakni dari pihak DPRD Kendari, dan Wali Kota Kendari sendiri. Gubernur hanya mengesahkan baik pengangkatan dan pemberhentian,” tegasnya.

Tomi menambahkan, proses seperti ini jika sesuai ketentuan atau waktu normal ialah 14 hari sejak diterimanya berkas atau dokumen di Provinsi, itu juga telah tercantum dalam undang-undang. Dengan catatan, dokumen yang telah diterima tersebut lengkap.

“Karena bisa saja, sudah diajukan tetapi ketika dipelajari lebih lanjut rupanya masih tidak lengkap. Jika lengkap maka akan diproses dalam waktu 14 hari tetapi jika tidak lengkap berarti ada proses lebih lanjut lagi,” tandasnya.(rs)

Click to comment
To Top