Pemprov Yakin Tekan Angka Kemiskinan – Rakyat Sultra

Rakyat Sultra

Sultra Raya

Pemprov Yakin Tekan Angka Kemiskinan

ilustrasi

KENDARI – Angka kemiskinan di Sultra masih tinggi, yakni berada pada posisi 12,77 persen 327,29 ribu orang per September 2017, atau naik menjadi 326,87 ribu orang atau 12,81 persen per Maret 2017.

Meski demikian, Pemprov Sultra yakin jika angka kemiskinan lebih kecil dibandingkan dengan tahun 2013 lalu yang sebesar 12,83 persen.

“Artinya kita berhasil menekan angka kemiskinan di Sultra saat ini. Dengan ini wujud komitmen nyata dalam melakukan penanggulangan kemiskinan dengan beberapa program pemberdayaan masyarakat dan pembangunan infrastruktur untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ungkap Plt Gubernur Sultra HM Saleh Lasata dalam sambutannya di sidang paripurna paripurna di DPRD Sultra, Selasa (12/9).

Selain itu, Pemprov Sultra melakukan pemberdayaan masyarakat dengan melakukan pelatihan dan peningkatan kompetensi masyarakat. Bukan itu saja, pemberian kemudahan dalam memperoleh bantuan dana permodalam melalui Dinas Koperasi dan UMKM Sultra.

Upaya lain, beber mantan Ketua DPRD Sultra ini mendorong semua pelaku usaha kecil untuk mendapatkan kemudahan akses permodalam melalalui lembaga permodalan dana bergulir (LPDB) dari pemerintah pusat.

“Olehnya itu, kita yakin perumbuhan ekomomi kita tetap meningkan dan tingkat kemiskinan bisa terus menurut,” katanya.

Sebelumnya, pihak DPRD Sultra menyayangkan upaya Pemprov Sultra dalam menekan angka kemiskinan dinilai belum berhasil. Meskipun tingkat pertumbuhan ekonomi membaik berada pada angka 7,2 persen, sayang angka kemiskinan belum berhasil diturunkan.

“Mestinya pertumbuhan ekonomi harus dibarengi dengan kecilnya kemiskinan. Olehnya itu, harusnya pemerintah berupaya menciptakan sektor baru yang bisa serap lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat. Sehingga tingkat kesejahteraan masyarakat Sultra terus meningkat,” kata Abubakar Lagu salah satu Anggota DPRD Sultra, sebelumnya. (rs)

Click to comment
To Top