Outer Ring Road Mampu Pangkas Jarak Tempuh – Rakyat Sultra

Rakyat Sultra

Metropolis

Outer Ring Road Mampu Pangkas Jarak Tempuh

Wali Kota Kendari, Dr Ir H Asrun MEng Sc saat memantau progres pembukaan jalan lingkar luar Kota Kendari, Selasa (12/9).

KENDARI – Outer ring road atau jalur lingkar luar Kota Kendari tidak hanya diperuntukan untuk pemisah jalur angkutan dalam dan luar kota, termasuk kendaraan barang dari pelabuhan kontainer menuju kabupaten kota lainnya, tetapi juga mampu memangkas jarak tempuh.

Wali Kota Kendari, Dr Ir H Asrun MEng Sc mengatakan, jalur tersebut bukan hanya dipergunakan sebagai antisipasi kemacetan dimasa mendatang, namun bisa memperpendek jarak.

“Jalan ini sudah dimanfaatkan masyarakat Kota Kendari. Termasuk yang dari Konawe dan Konawe Utara bisa menggunakan jalur ini ketika menuju Bandara Haluoleo atau ke RS Bahteramas, karena bisa memangkas jarak tempuh,” ucapnya.

Orang nomor satu di Kota Kendari ini menilai, meskipun jalur lingkar luar tersebut baru menuntaskan satu jalur, tetapi manfaatnya telah dapat dirasakan. Sedangkan untuk sisi jalur lainnya masih dalam tahap pengaspalan.

Ir Asrun mengakui, saat ini Pemerintah Kota Kendari terus merampungkan pembangunan jalur lingkar luar (ring road) kota Kendari,  agar tuntas sesuai waktu yang telah dijadwalkan.

Pembangunan lingkar luar dilakukan untuk mengatasi kemacetan di masa mendatang, yang terjadi akibat kepadatan kendaraan, baik kendaraan roda dua maupun roda empat.

Olehnya itu, pembangunan yang menjadi ide dari walikota kendari Ir Asrun, kini hampir tuntas, sesuai dengan target yang telah ditetapkan.

“Perkembangan kota Kendari terus meningkat setiap harinya, sehingga membawa konsekuensi bertambahnya pengguna kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat. Untuk mengatasi kemacetan itulah, kami membuka jalan baru untuk mengantisipasi sekaligus sebagai upaya mengurangi kemacetan di masa mendatang,” ucapnya.

Asrun menargetkan, jalur lingkar luar kota Kendari bisa dituntaskan pembangunan hingga tahun ini, sesuai target.

Usai meninjau sejumlah lokasi, dirinya cukup senang melihat progres pembangunan jalan tersebut, berjalan tanpa kendala yang membuat pembangunan menjadi terhenti.

“Progresnya cukup baik, kita bisa tuntaskan sesuai target. Dan jalur lingkar luar ini, sudah bisa bisa digunakan, karena sebagian besar rutenya sudah teraspal. Ini akan mempercepat mobilitas warga kota,” jelasnya.

Hadirnya jalan tersebut, sekaligus membuka daerah-daerah yang selama ini terisolir, seperti wilayah Abeli Dalam yang dulunya kurang tersentuh dengan pembangunan kota.

Dengan hadirnya pembangunan jalan tersebut, dirinya berharap bisa meninggalkan warisan terbaik untuk kota Kondari di masa mendatang.

“Saya berkeinginan meninggalkan warisan terbaik untuk kota Kendari selama masa pemimpinan saya selama 10 tahun,” tutupnya..(rs)

Click to comment
To Top