Menghitung Peluang Menang Cagub – Rakyat Sultra

Rakyat Sultra

ridwan bae ggd"
Pilkada

Menghitung Peluang Menang Cagub

ilustrasi

*Ali Mazi-LA, Rusda-Syafei, dan Asrun-Amirul

KENDARI- Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sultra diprediksi bisa memunculkan tiga pasang calon. Saat ini, setidaknya dari sekian Calon Gubernur (Cagub) yang mempublikasikan diri ditengah publik, baru ada tiga Cagub yang sudah lengkap dengan calon pendampingnya.

Sebut saja, Ali Mazi-Lukman Abunawas (LA), Rusda Mahmud-Syafei Kahar, dan Asrun-Amirul Tamim.

Dari ketiga calon tersebut siapa yang punya peluang untuk menang? Pengamat politik Sultra jebolan Universitas Gadja Mada (UGM) Dr Muhammad Najib Husen mengungkapkan, ketiga Cagub tersebut, yang punya kans untuk memenangkan Pilgub yakni Ali Mazi-LA dan Asrun-Amirul Tamim.

Sedangkan Rusda-Syafei sedikit agak terjepit posisinya. Pasalnya, didaratan Rusda beririsan dengan Asrun sedangkan wakilnya Syafei sangat berat untuk menaklukan kepulauan Buton, sebab ada Ali Mazi dan Amirul Tamim.

Diwilayah daratan, kata Najib, Asrun punya peluang untuk menguasai suara hingga 70 persen. Katanya, untuk wilayah Kota Kendari, Konsel, Konut, Konkep, Konawe dan Koltim, Asrun akan meraup suarah lebih dari 60 persen.

Sedangkan wilayah Kabupaten Kolaka dan Bombana, Asrun diperkirakan tidak akan terlalu signifikan mendominasi suara.

“Kalau Kolaka kemungkinan pemilihnya, banyak juga yang lari ke Rusda-Syafei. Palingan Asrun hanya mampu meraup 40 persen. Bombana juga demikian, meski banyak pemilih didominasi pemilih bugis, akan tetapi bupatinya kemungkinan besar akan mendukung Asrun. Sehingga suara Rusda dan Asrun akan beririsan,”terangnya, Selasa (12/9) saat ditemui diruang kerjanya.

Sedangkan figur LA, kata dia, tidak akan terlalu banyak mempengaruhi kantong-kantong suara Asrun. Misalnya Konawe, meskipun LA pernah menjabat bupati Konawe akan tetapi saat ini Kery Syaiful Konggoasa mendukung full Asrun. Untuk Rusda, lanjut Najib, satu-satunya  wilayah daratan yang bisa menangkan yakni Kolaka Utara.

Lalu bagaimana dengan wilayah kepulauan. Najib menjelaskan, figur Ali Mazi masih akan mendominasi diwilayah kepulauan Buton meskipun ada Syafei dan Amirul Tamim.

Hanya saja, tambah Najib, kegemilangan Ali Mazi saat berhadapan dengan Nur Alam kemungkinan tidak akan terulang lagi menguasai 90 persen suara wilayah kepulauan Buton.

Pasalnya, sambung dia, posisi Amirul sangat kuat di wilayah Kota Baubau. Sehingga Baubau kemungkinan besar Amirul masih lebih unggul ketimbang Ali Mazi.

Posisi Syafei juga akan menganggu suara Ali Mazi khususnya di Buton Selatan(Busel). Sebab di Busel, yang menjabat bupati saat ini yakni anak dari Syafei Kahar.

“Di Baubau kemungkinan pasangan Asrun-Amirul akan mendominasi suara. Sedangkan di Busel antara Syafei dan Ali Mazi akan bersaing ketat,”paparnya.

Semantara, untuk wilayah Buton, Buton Tengah, Buton Utara, dan Wakatobi, Najib menilai Ali Mazi masih punya kans untuk menang diempat daerah tersebut.

“Ya untuk empat daerah kemungkinan Ali Mazi masih bisa meraup suara dominan,”ulasnya. (rs)

 

Click to comment
To Top