Disperindag Sidak Barang Tak Berlabel SNI – Rakyat Sultra

Rakyat Sultra

ridwan bae ggd"
Sultra Raya

Disperindag Sidak Barang Tak Berlabel SNI

ilustrasi

KENDARI – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sultra melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah toko di Kendari, Selasa (12/9) guna mencari barang tidak berlabel Standar Nasional Indonesia (SNI).

Kadis Perindag Sultra, Siti Saleha mengaku, telah menginstruksikan tim yang dipimpin Kepala Bidang Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Disperindag Sutomo dan melibatkan Dinas Perdagangan Koperasi dan UMKM Kota Kendari serta unsur kepolisian, melakukan sidak dibeberapa toko terkait barang-barang yang tidak berlabel SNI.

“Tadi kami arahkan untuk sidak dibeberapa pusat perbelanjaan di Kendari, untuk melakukan pengecekan beberapa barang yang berlabel SNI. Nah tim akan mengambil sampel untuk melakukan pengecekan kembali, dari beberapa sampel yang diambil,” ujar Saleha saat ditemui di DPRD Sultra, Selasa (12/9).

Saleha mengaku tidak ikut memimpin sidak, karena juga bertepatan dengan agenda sidang paripurna di DPRD SUltra dengan agenda jawaban Gubernur Sultra atas pandangan fraksi-fraksi DPRD Sultra terhadap KUA PPAS Peruabahan tahun 2017.

Olehnya itu, pihaknya akan menunggu hasil tim yang melakukan sidak terhadap barang ber SNI.

“Kita lakukan sidak untuk antisipasi jangan sampai ada barang yang berlabel SNI namun hanya sekedar label saja. Selain itu, jangan sampai memiliki label secara kasat mata namun tidak memenuhi standar dan berbahaya bagi masyarakat. Itu tentu akan merugikan konsumen,” jelasnya.

Sidak ini juga menurutnya sebagai bentuk proteksi bagi beberapa pusat perbelanjaan agar lebih tertib dan terjaga dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Sehingga, tidak hanya mengutamakan profit namun mengesampingkan konsument. (rs)

Click to comment
To Top