Bom Ikan Kembali Marak di Kolut – Rakyat Sultra

Rakyat Sultra

Kolaka Raya

Bom Ikan Kembali Marak di Kolut

Muhlis Usman

LASUSUA – Aktivitas penangkapan ikan dengan menggunakan bahan peledak dan bahan kimia, di wilayah perairan Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) kembali marak terjadi belakangan ini.

Hal ini dibenarkan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kolut, Muhlis Usman, kemarin. Menurutnya, hampir setiap hari pihaknya menerima laporan tentang adanya aktivitas bom ikan di wilayah perairan Kolut.

Mehlis mengakui, sejak urusan kelautan diambil alih Pemerintah Provinsi (Pemprov), pengawasan di wilayah laut Kolut menjadi tidak ada sama sekali. Alhasil, aktivitas bom ikan yang sebelumnya sudah berhasil diredam perlahan kembali menjamur hingga saat ini.

Olehnya itu, lanjut Muhlis, meski kewenangan pengelolaan dan pengawasan laut tidak lagi berada di bawah Pemkab, namun pihaknya terus berupaya melakukan pengawasan semampunya.

Muhlis menambahkan, sejak lama wilayah perairan Kolut sangat rawan terhadap aktivitas bom ikan dan penggunaan bahan kimia khususnya potas dan bius, sebab hal ini bukan hanya dikerjakan oleh nelayan lokal Kolut namun juga dilakukan oleh nelayan dari Provensi Sulawesi Selatan (Sulsel).

Sementara itu, Ramli (42) salah satu pengumpul ikan mengungkapkan dirinya setiap saat menerimah ikan nelayaan hasil dari penangkapan memakai bom.

“Ikan biasa masuk itu hasil dari penangkapan memakai bom. Itu terlihat dari banyaknya ikan yang masuk serta jenis ikan dan ciri-ciri yang diambil da9ri hasil bom,” kata Ramli.

Ramli menambahkan nelayan yang menjual ikan dengan kapasitas banyak yang menandakan ikan tersebut hasil dari bom ikan. (rs)

Click to comment
To Top