63 Siswa SMPN 9 Dapat Bantuan PIP – Rakyat Sultra

Rakyat Sultra

ridwan bae ggd"
Pendidikan

63 Siswa SMPN 9 Dapat Bantuan PIP

Milwan

KENDARI – Sebanyak 63 siswa SMPN 9 Kendari memperoleh formulir pencairan  beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP) dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Mereka merupakan siswa-siswi yang kurang mampu yang sudah memiliki memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan yang belum memiliki kartu tersebut.

Milwan selaku kepala  SMPN 9 Kendari mengatakan, beasiswa tersebut merupakan program Presiden Jokowi yang diperuntukkan bagi siswa yang kurang mampu guna membantu biaya pendidikan yang bersangkutan. Berdasarkan data, didua tahap penyaluran ada sebanyak 63 siswa SMPN 9 Kendari yang tercatat sebagai penerima beasiswa.

“Kini sementara dalam  proses penyaluran  oleh Bank BRI. Puluhan siswa telah menerima beasiswa ini, dengan harapan bisa membantu biaya pendidikan siswa yang kurang mampu,” ucapnya, Senin (11/9).

Selain itu, dirinya berharap, siswa penerima beasiswa KIP betul-betul siswa yang secara ekonomi tidak mampu dan pantas mendapatkannya. Pasalnya, masih banyak siswa yang kurang mampu belum mendapatkannya.

Sementara itu, Mansur selaku Wakasek Kesiswaan SMPN 9 Kendari, menuturkan pencairan beasiswa PIP tahap pertama telah diberikan kepada 24 siswa kurang mampu. Sedangkan ditahap kedua pencairan dana tercatat ada sebanyak 39 siswa yang mendapatkannya.

“Ini tidak menutup kemungkinan jumlah penerima akan bertambah. Pasalnya, data siswa yang dikirim sekolah  melalui Data Pokok Pendidik (Dapodik) secara online, akan diverifikasi dipusat. Pusat yang menentukan  siapa yang berhak mendapatkannya berdasarkan data,” ujarnya saat dihubungi Via telepon.

Tentu untuk penetapannya, lanjut Mansur, dengan melihat data pekerjaan orang tua dan penghasilan orang tua. Katanya, siswa yang menerima beasiswa ada yang sudah memiliki KIP dan ada juga yang belum memilikinya. Namun, yang belum memiliki KIP cukup melampirkan surat keterangan tidak mampu  dari kelurahan.

Berdasarkan data dari Dikmudora, bagi siswa yang duduk di kelas 7 akan menerima beasiswa sebesar Rp 375.000 dan kelas 8 hingga 9 akan menerima sebesar Rp 750.000. (rs)

Click to comment
To Top