Mahasiswa KKN USN Maksimalkan Program Kerja – Rakyat Sultra

Rakyat Sultra

Kolaka Raya

Mahasiswa KKN USN Maksimalkan Program Kerja

Salah seorang pemateri memaparkan kegunaan aplikasi TESIA kepada peserta pelatihan di Kecamatan Wonggeduku Barat, Kabupaten Konawe, Sabtu (9/9) lalu.

KOLAKA – Tak kurang sepekan lagi mahasiswa kuliah kerja nyata (KKN) Angkatan IV Tahun 2017 Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka akan mengakhiri kegiatan KKN dilokasi masing-masing di Kabupaten Konawe.

Meski tak lama lagi akan meninggalkan lokasi yang menjadi basis kegiatan mereka, para Mahasiswa KKN Angkatan IV USN Kolaka itu, terus memaksimalkan program kerja atau kegiatan yang mereka telah rencanakan dengan menyelesaikan item-item kegiatan program KKN tersebut, seperti yang dilakukan di Desa Wonggeduku dan Lahotutu, Kecamatan Wonggeduku Barat, mahasiswa dengan para pembimbingnya menggelar Pelatihan Komputer Manajemen Administrasi Desa Berbasis Teknologi, Sabtu (9/9) lalu.

Dosen Pembimbing Mahasiswa KKN Angkatan IV USN Kolaka, Muh. Nurtanzis Sutoyo mengatakan, pelatihan Komputer Manajemen Administrasi Desa Berbasis Teknologi itu, setidaknya menjadi salah satu program kerja mahasiswa KKN yang keberwujudannya dirasakan sangat urgen oleh pihak pemerintah desa kelurahan setempat.

“Karena itu, kami berupaya baik dari adik-adik mahasiswa maupun dosen yang punya skill dibidang tersebut untuk berbagi ilmu, dan mengaplikasikan melalui kegiatan yang telah kita laksanakan,“ ujar Dosen Sistem Informasi itu melalui pesan singkatnya.

Senada, Andri Tenri Sumpala, S.Kom., M.Cs yang juga sebagai salah satu pemateri

dalam kegiatan tersebut menambahkan, pelatihan komputer manajemen administrasi desa itu, cukup mendapat respon positif dari pemerintah setempat.

“Ouputnya, kita membuatkan aplikasi TESIA yang sangat mudah digunakan. Nama TESIA itu, tak lain adalah Sistem Informasi Desa, dan disediakan secara gratis,“ jelasnya.

Sementara itu, Kasubbag Kerjasama dan Humas USN Kolaka, Takwa mengatakan, Mahasiswa KKN Angkatan IV Tahun 2017 USN Kolaka, yang saat ini masih

berada di lokasi Kabupaten Konawe, sesuai rencana dijadwalkan akan dilakukan penarikan kembali ke kampus dalam pada 20 September.

“Insa Allah jika tidak ada halangan, pada tanggal 20 September 2017, para mahasiswa KKN sudah bisa kembali ke Kolaka. Saat ini sebagian dari mereka telah rampung dan memaksimalkan program kerja pengabdiannya. Setidaknya, keberadaan mahasiswa KKN di Kabupaten Konawe kurang lebih 40 hari sejak ditempatkan pada 10 Agustus 2017 lalu,“ kata Takwa. (rs)

Click to comment
To Top