PT DSSP Power Kendari Konsisten Utamakan Keselamatan kerja – Rakyat Sultra

Rakyat Sultra

ridwan bae ggd"
Konawe Raya

PT DSSP Power Kendari Konsisten Utamakan Keselamatan kerja

Kadis Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sultra H Saemu Alwi (kedua dari kiri) saat memberikan sertifikat penghargaan kepada Perwakilan PT DSSP Power Kendari Mr Sanjay Jalali (kedua dari kanan). Penghargaan tersebut diberikan atas pencapaian 1 juta jam kerja tanpa LTI pada proyek IPP PLTU Kendari, Selasa (29/8).

ANDOOLO – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sultra memberikan penghargaan 1 juta jam kerja tanpa Lost Time Incident (LTI) kepada PT DSSP Power Kendari, perusahaan Independent Power Producer (IPP) Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Kendari yang akan memasok listrik kepada PT PLN dengan kapasitas 2 x 50 MW yang terletak di Desa Tanjung Tiram Kecamatan Moramo Utara Kabupaten Konawe Selatan.

Perwakilan PT DSSP Power Kendari Mr Sanjay Jalali mengatakan pada prinsipnya perusahaan sangat berkomitmen dalam melindungi keselamatan dan kesehatan kerja para karyawannya. Penghargaan ini akan menjadi motivasi dan dorongan untuk terus berupaya dalam menciptakan lingkungan kerja yang aman, sehat dan produktif di masa mendatang.

“Diperusahaan ini kami membuat Panitia Pembina Keselamatan dan Kesehatan Kerja (P2K3), pengawasan rutin dilakukan dan juga kita memiliki prinsi bahwa kesuksesan proyek ini adalah apabila dapat selesai dengan tepat waktu, kualitas yang baik dan juga tidak terjadi kecelakaan kerja,” ungkapnya, Selasa (29/8).

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, H Saemu Alwi mengatakan, pemberian penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi atau penghargaan pemerintah terhadap perusahaan yang konsisten taat terhadap asas sampai dengan 1 juta jam kerja dalam menjaga keselamatan para pekerjanya.

“Capaian tersebut tidak mudah tetapi ini dibuktikan oleh PT DSSP Power Kendari terhadap para pekerjanya,” ujarnya.

Ia mengakui bahwa pemberian sertifikat penghargaan tersebut setelah dilakukannya evaluasi melalui tim pengawas. Tim tersebut yang melakukan pengecekan secara langsung apa yang terjadi di perusahaan mulai dari norma perusahaan, penerapan upah bagi pekerja, penerapan penjagaan perusahaan terhadap karyawan termasuk jaminan kesehatan bagi karyawan.

“Mereka bisa menjaga karyawannya tanpa ada kecelakaan atau insiden kerja selama 1 juta jam kerja. Mestinya ini bisa menjadi inspirasi bagi perusahaan yang lain dalam menjaga keselamatan kerja karyawannya,” katanya.

Proyek IPP PLTU Kendari merupakan bagian dari mega proyek 35.000 MW yang dicanangkan Presiden Joko Widodo dalam rangka meningkatkan rasio elektrifikasi di seluruh Indonesia.

PT DSSP Power Kendari merupakan anak perusahaan dari PT Dian Swastatika Sentosa Tbk, salah satu dari enam pilar utama di bawah nauanagan Grup Sinar Mas yang akan memasok listrik kepada PLN selama 25 tahun.

PT Dian Swastatika Sentosa Tbk saat ini telah memiliki 3 proyek IPP, yaitu IPP Sumsel-5 yang telah beroperasi secara komersial sejak Desember 2016 berkapasitas 2 x 150 MW, IPP Kalteng-1 berkapasitas 2 x 100 MW yang saat ini masih dalam tahap pembangunan dan IPP Kendariu-3 berkapasitas 2 x 50 MW.  (rs)

Click to comment
To Top