Bupati Muna mengukuhkan Lembaga Adat Muna, Selasa (15/8). – Rakyat Sultra

Rakyat Sultra

Muna Raya

Bupati Muna mengukuhkan Lembaga Adat Muna, Selasa (15/8).

Lembaga Adat Muna Dikukuhkan

RAHA – Pengurus Lembaga Adat Muna resmi dikukuhkan oleh Bupati Muna, LM Rusman Emba, S.T, Selasa (15/8). Lembaga ini dikukuhkan berdasarkan Surat Keputusan Bupati Muna No.532 tahun 2017 tentang pembentukan Lembaga Adat Muna.  Struktur kepengurusan lembaga adat muna diisi 100 orang yang terdiri dari birokrat, tokoh adat, tokoh masyarakat dan lintas golongan. La Ode Sirad Imbo didaulat sebagai ketua.

Bupati Muna menyampaikan, pembentukan lembaga adat ini merupakan suatu keharusan. Sesuai instruksi Presiden RI, Joko Widodo katanya, mengharuskan daerah yang memiliki sejarah kerajaan jarus membentuk dua aspek, yakni aspek lembaga adat dan rumah adat.

Rusman mengatakan, saat ini aspek pembentukan lembaga adat muna sudah terlaksana, sementara pembangunan rumah adat muna dalam tahap pembangunan “Lokasinya di lahan eks Kantor BPD lama.  Kami sudah menganggarkan pembangunan rumah adat ini dalam APBD sebesar Rp5,7 miliar. Semoga pembangunan rumah adat ini cepat selesai tahun ini,” katanya.

Selain rumah adat, Pemkab Muna juga akan mengembangkan peternakan kuda sebagai salah satu identitas kebudayaan Muna yang perlu dilestarikan. “Tahun ini kami tengah memprogramkan peternakan kuda sebanyak 10 ekor. Kuda merupakan salah satu simbol masyarakat Muna yang perlu kita lestarikan,” ucapnya.

Mantan Ketua DPRD Sultra ini juga mengajak seluruh anggota lembaga adat, untuk mengembangkan ide-ide kreatif untuk pengembangan budaya Muna. “Kami dari Pemkab Muna siap beck up kegiatan pengembangan budaya yang akan dilaksanakan oleh lembaga adat,” janjinya. (rs)

Click to comment
To Top