233 Warga Terima Bantuan Perbaikan Rumah – Rakyat Sultra

Rakyat Sultra

Kolaka Raya

233 Warga Terima Bantuan Perbaikan Rumah

Kadis PU dan Kawasan Permukiman Kabupaten Kolaka, H Abbas menyerahkan secara simbolis buku tabungan BSPS kepada warga yang menerima di Gedung Pertemuan Kecamatan Wolo, Selasa (15/8) sore.

KOLAKA – Sebanyak 233 warga Kabupaten Kolaka yang berada di Kecamatan Wolo dan Kecamatan Iwoimendaa menerima bantuan perbaikan rumah Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS). Bantuan tersebut diberikan masing-masing senilai Rp 15 juta dalam bentuk buku tabungan (non tunai).

Kepala Satker Perumahan wilayah Sultra, Baso Amir Natsir, mengatakan, pemerintah bertanggung jawab dalam menyediakan bantuan perbaikan rumah. Dari 13 Kabupaten di Sultra yang menerima BSPS, sebanyak 233 warga Kabupaten Kolaka menerima bantuan tersebut.

“Tahun 2017 ini, Kabupaten Kolaka mendapat bantuan stimulan perbaikan rumah sebanyak 233 unit. Tahun lalu kita juga memberikan bantuan stimulan kepada 300 lebih yang dilakukan di Kolaka bagian Selatan,” kata Baso saat sosialisasi dan penyerahan buku tabungan BSPS di gedung pertemuan Kecamatan Wolo, Selasa (15/8) sore.

Dikatakan, sejak tahun 2016, pemerintah pusat telah mengubah regulasi penerimaan BSPS itu. Dimana sebelumnya, bantuan diberikan kepada penerima dalam bentuk tunai, namun karena dinilai rawan penggunaannya, sehingga pemerintah mengubah regulasi tersebut.

“Tahun lalu bantuan diberikan secara tunai dan itu sangat rawan penggunaannya. Tahun 2016 oleh Kementrian terkait kemudian mengubahnya. Bantuan diberikan sebesar Rp 15 juta dalam bentuk buku tabungan (non tunai) dan tidak bisa dicairkan dalam bentuk tunai,” pungkas Baso.

Di dalam pelaksanaannya lanjut Baso, penerima bantuan harus mempunyai swadaya dalam bentuk uang tambahan atau dalam bentuk tenaga, maupun bangunan dan kemudian dikerjakan secara berkelompok.

“Apabila dalam pelaksanaannya ada yang tidak dikerjakan, dalam jangka waktu 15 hari akan diawasi oleh pemerintah desa dan kemudian dilaporkan kepada Camat, kemudian penerima tersebut bisa diganti,” tegasnya.

Kadis PU dan Kawasan Permukiman, H Abbas mengatakan, bantuan stimulan perbaikan rumah swadaya merupakan salah satu program pemerintah pusat dalam mencanangkan program sejuta rumah.

Pemkab Kolaka kata Abbas, telah mengusulkan 600 unit namun uang direalisasi sebanyak 233 unit. “Kita patut bersyukur karena Kabupaten Kolaka kembali mendapatkan bantuan ini. Kita berharap di tahun berikutnya kita akan mendapatkan bantuan semacam ini,” kata Abbas.

Abbas menegaskan bahwa bantuan stimulan adalah untuk merangsang warga untuk perbaikan rumah, bukan sepenuhnya ditanggung oleh pemerintah. “Kalau pun ada kekurangan maka wajar karena tidak seratus persen dibantu pemerintah,” ujarnya.

Sementara itu, Asisten III Setda Kolaka, Zulkarnain berharap bantuan perumahan ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. “Saya berharap agar bank Sultra bisa terus menyalurkan bantuan kepada warga Kolaka di tahun-tahun yang akan datang,” tutupnya. (rs)

Click to comment
To Top