140 JCH Koltim Siap ke Tanah Suci – Rakyat Sultra

Rakyat Sultra

ridwan bae ggd"
Kolaka Raya

140 JCH Koltim Siap ke Tanah Suci

Bupati Kolaka Timur (Koltim) Tony Herbiansyah, Selasa (15/8) resmi melepas keberangkatan Jamaah Calon Haji (JCH) asal Kolaka Timur (Koltim) sebanyak 140 orang, di masjid Jabal Nur Raterate, kecamatan Tirawuta.

TIRAWUTA – Bupati Kolaka Timur (Koltim) Tony Herbiansyah, Selasa (15/8) resmi melepas keberangkatan Jamaah Calon Haji (JCH) asal Kolaka Timur (Koltim) sebanyak 140 orang, di masjid Jabal Nur Raterate, kecamatan Tirawuta.

Bupati Koltim Tony Herbiansyah menghimbau kepada 140 JCH agar dalam pelaksanaan ibadah haji di tanah suci selalu menjaga kedisiplinan dan tidak mempertontonkan aurat.

“Jaga kedisiplinan dan tidak terpisah dengan rombongan. Kita mesti besarkan kedisiplinan yang sudah diketahui oleh negara arab. Budaya yang tidak sesuai dengan budaya arab jangan dipertontonkan seperti buka aurat,” terang Tony.

Selain itu, ketua dewan masjid Koltim ini juga menuturkan agar jamaah menjaga kesehatan. “Saat ini suhu udara di tanah suci sudah mencapai 45 derajat. Kita harus jaga kesehatan. Jangan tunggu haus baru minum karena resiko dehidrasi sangat rentan,” katanya.

Sementara itu, Kepala Kemenag Koltim, Bustamil mengatakan total JCH asal Koltim sebanyak 140 orang terdiri dari 80 laki laki dan 60 JCH perempuan.

Dengan JCH tertua bernama Hajar Daeng Minne (82) dari desa Lalosingi kecamatan Lalolae, sementara termuda Rahma Ramli Teru (27) dari desa Pokore kecamatan Aere.

JCH akan berangkat hari ini dari bandara Haluoleo Kendari menuju embarkasi Makassar akan transit satu malam di asrama haji Makassar dan esoknya Rabu (16/8) pukul 13.00 akan diterima secara resmi PPIH embarkasi Makassar.

Untuk Sultra akan diberangkatkan dalam kloter 19,20,21,22 dan 23 pada gelombang kedua. “Khusus untuk JCH Koltim tergabung pada kloter 23 dan diberangkatkan pada 17 agustus pukul 13.55 menuju Jeddah. Kepulangan pada 27 Desember mendatang,” ucapnya. (rs)

Click to comment
To Top