Pengawasan ADD Libatkan Pihak Kepolisian – Rakyat Sultra

Rakyat Sultra

ridwan bae ggd"
Kolaka Raya

Pengawasan ADD Libatkan Pihak Kepolisian

Camat Aere, Sawal Syarifudin saat dilantik. Dia mengaku melibatkan kepolisian dalam pengawasan penggunaan ADD.

TIRAWUTA – Pengawasan alokasi dana desa (ADD) terus diperketat kali pemerintah pusat mulai melibatkan unsur Polri untuk menghindari penyalahgunaan penggunaan ADD seperti yang terjadi di pemerintahan bupati pemengkasan.

Untuk menghindari kesalahan penggunaan dana desa, Camat Aere mengumpulkan seluruh kepala desa di wilayahnya untuk menggelar rapat bersama membahas optimalisasi pengawasan kegiatan desa.

Camat Aere Sawal Syarifudin mengatakan tidak menutup kemungkinan tahun ini kepolisian dilibatkan dalam pengawasan dana desa, sehingga kedepanya kegiatan penyaluran dana desa lebih efektif. “Justru dengan pengawasan yang sangat ketat para kepala desa akan di motivasi untuk selalu berhati hati dalam penggunaan dana desa,” terang Sawal, Kamis (10/08) kemarin.

Menurutnya, untuk mencegah penyalahgunaan dana desa, selaku camat memanggil Kades untuk membahas optimalisasi pengawasan dana tersebut. “Hal yang berkaitan dengan LPJ baik fisik, administrasi dan pajak perlu mendapat pengawasan agar kedepan tidak ada kades di Aere terjerat hukum akibat salah menyalurkan dana desa,” tegasnya.

Sementara itu, tenaga ahli pemberdayaan masyarakat desa di Koltim Amran mengatakan untuk penyaluran dana desa itu sudah ada mekanismenya. Disinilah fungsi dan peran TPK untuk melakukan pekerjaan yang sesuai RAB, dalam pelatihan penyusunan RPJMDes dan kader tehnik dan kader pemberdayaan yang melibatkan unsur perangkat desa dan tokoh masyarkat di ajarkan cara dan menyusun anggaran sesuai regulasi dari kemendes.

“Tenaga pendamping yang di tempatkan di tiap desa  harus proaktif untuk melakukan pengawasan sehingga tidak terjadi lagi kesalahan ketika penyaluran dana desa  mulai di salurkan,” tutupnya.(rs)

Click to comment
To Top