Penerima Bantuan PHK Telah Capai 4.000 – Rakyat Sultra

Rakyat Sultra

News

Penerima Bantuan PHK Telah Capai 4.000

Wabup Konsel DR H Arsalim Arifin SE MSi saat menyalurkan bantuan PKH di Kecamatan Konda didampingi Wakil Ketua DPRD Konsel, Nadira SH dan Kadinsos, Jeni S.Sos.

ANDOOLO – Pemerintah Daerah Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) menargetkan penyaluran Bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) di setiap kecamatan tuntas bulan ini. Saat ini, bantuan PKH telah tersalur di sembilan kecamatan dengan kurang lebih 4.000 penerima manfaat dari 8.614 penerima manfaat.

Pemerintah daerah melalui dinas sosial menyalurkan bantuan PKH di dua kecamatan yakni Kecamatan Tinanggea dihadiri langsung oleh Bupati Konsel, H Surunuddin Dangga ST MM dan Kecamatan Konda diserahkan oleh Wakil Bupati Konsel, DR H Arsalim Arifin SE M.Si didampingi Wakil Ketua II DPRD Konsel, Nadira SH dan Kadis Sosial, Jeni S.Sos.

Di hadapan 445 penerima manfaat Kecamatan Konda, Arsalim menyampaikan jika bantuan PKH itu bertujuan untuk meringankan beban pendidikan dan kesehatan masyarakat guna mencapai kesejahteraan dan penurunan angka kemiskinan.

“Dinamakan PKH karena ada harapan dari bantuan itu. Seperti harapan bagaimana anak-anak kita bisa mengenyam pendidikan ditengah keterbatasan ekonomi. Tidak menutup kemungkinan warga yang dibantu melalui PKH ini anaknya ada yang menjadi bupati, wakil bupati dan anggota dewan,” sambut Arsalim.

Penyaluran dana PKH saat ini dirinya memandang lebih mudah dengan adanya kartu PKH yang dapat dicairkan melalui bank. Hal itu guna menghindarkan terjadinya pemotongan bantuan kepada masyarakat.

“Manfaatkan dengan baik bantuan ini. Terpenting untuk kesejahteraan pendidikan anak-anak sesuai harapan kemanfaatannya,” pesan Ketua DPC Gerindra Konsel ini.

Arsalim menuturkan saat ini pemerintah daerah tengah berjuang menurunkan angka kemiskinan di Konsel yang masih berjumlah 33 ribu jiwa atau sekitar 11 persen. Bersama Bupati Konsel, H Surunuddin Dangga pihaknya bertekad lima tahun kepemimpinan Surunuddin-Arsalim target penurunan angka kemiskinan di Konsel diupayakan turun hingga angka 8 persen.

“Kita berupaya menurunkan angka kemiskinan. Kami pula berharap doa dari masyarakat agar anggaran kita bisa meningkat. Pelihara keamanan dan kedamaian dalam masyarakat agar ekonomi kita baik,” imbau Arsalim.

PKH lanjutnya, adalah bantuan program bagi kelompok masyarakat yang bersyarat kategori miskin atau tidak mampu. Kriterianya dari sisi pendapatan dan tidak sampai 20 ribu perhari. PKH pertama kali tahun 2012 di Konsel. Yang diawali dari lima kecamatan.

“Dengan pelaksanaannya maka hari ini sudah mencapai 22 kecamatan. Untuk di Konsel kita telah mengusulkan 16 ribu penerima namun yang turun 8.614 penerima. Kedepan kita telah dijanjikan tambahan 15 ribu penerima manfaat. Yang saat ini tengah dilakukan pendataan,” pungkas Arsalim.

Sementara itu, Wakil Ketua II DPRD Konsel, Nadira SH memandang apa yang didapatkan berupa bantuan kepada masyarakat merupakan kerja nyata Pemda Konsel.

Sebab, lanjut Nadira, Kabupaten Konsel merupakam salah satu daerah penerima PKH terbesar di Sultra.

“Ini merupakan peran Pemda dan DPRD di Konsel. Bisa di bayangkan, dengan adanya bantuan PKH di setiap kecamatan seperti di Konda perputaran uang mencapai Rp 445 juta hanya dari sisi penerima bantuan, belum yang lainnya,” sambut srikandi dewan Konsel ini. (rs)

Click to comment
To Top