KPU Sultra Bakal Temui 16 Lembaga – Rakyat Sultra

Rakyat Sultra

Pilkada

KPU Sultra Bakal Temui 16 Lembaga

Hidayatullah

KENDARI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sultra sedang mempersiapkan untuk melakukan pertemuan koordinasi dan konsolidasi dengan partai politik tingkat provinsi dan 16 lembaga pemerintahan. Ke-16 lembaga itu memiliki peran dan kewenangan khusus dalam pengajuan syarat administrasi serta kesehatan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sultra.

Ketua KPU Sultra Hidayatullah mengatakan pertemuan itu akan dilaksanakan pada  21 Agustus 2017. Adapun 16 instansi tersebut di antaranya Kepolisian Daerah Sultra, Kejaksaan Tinggi Sultra, Pengadilan Tinggi Sultra, Perpajakan, Dinas Pendidikan Sultra, Dirut Rumah Sakit Bahteramas, Badan Narkotika Nasional Provinsi Sultra, Himpsi Sultra, Kemenkum dan HAM Sultra, Pemprov Sultra, Lapas dan Rutan.

Menurut Hidayatullah, koordinasi dan konsolidasi ini penting supaya bakal calon gubernur dan bakal calon wakil gubernur mendapat pelayanan yang adil, tidak diskriminasi dalam melengkapi syarat pencalonan mereka ke depan.

Dalam PKPU No. 1 Tahun 2017, pencalonan kandidat gubernur jalur independen dimulai pada November 2017. Nantinya, kandidat perseorangan harus menyerahkan dukungan pada 22 November sampai 26 November. Setelah menyerahkan dukungan, mereka akan kembali mendaftar pada Januari 2018 bersamaan dengan kandidat yang melalui jalur partai politik. Pendaftaran kandidat gubernur dan wakil gubernur dimulai pada 8 Januari sampai 10 Januari 2018. (rs)

Click to comment
To Top