Kesehatan Menurun, CJH Bisa Batal Berangkat – Rakyat Sultra

Rakyat Sultra

ridwan bae ggd"
Metropolis

Kesehatan Menurun, CJH Bisa Batal Berangkat

CJH kloter 19 menuju bandara, usai dilepas Plt Gubernur Sultra di Asrama Haji Kendari, Jumat (11/8).

KENDARI – Calon Jemaah Haji (CJH) diimbau menjaga kesehatan, baik menjelang maupun selama berada di tanah suci, hingga kembali ke tanah air.

Bagi jemaah haji yang kesehatannya tidak memenuhi syarat menjelang keberangkatan, maka tidak menutup kemungkinan akan batal diberangkatkan.

Hal ini disampaikan Kakanwil Kemenag Sultra, Abdul Kadir, usai pelepasan CJH kloter 19 di Asrama Haji Kendari, Jumat (11/8).

Abdul Kadir menuturkan, jemaah haji yang kesehatannya terganggu akan tetap diberangkatkan, hal ini disebabkan karena semua persyaratan administratif sudah dipenuhi.

Terkecuali, kata dia, pada saat berada di embarkasi Makassar kemudian ada jemaah yang kesehatannya tidak memenuhi syarat, maka akan dibatalkan untuk berangkat, sebab jika dipaksakan maka akan menjadi faktor penghalang selama menjalani ibadah ditanah suci.

“Jemaah haji akan difinalisasi kesehatannya terakhir di embarkasi Makassar. Jika tidak memenuhi syarat tentu pertimbangannya lebih kepada aspek tidak berangkat dari pada keberangkatannya diluar hitungan kita secar normal,” katanya.

Dosen IAIN Kendari ini juga meminta agar tidak memikirkan sesuatu yang belum terjadi tetapi perlu diwaspadai. Menurut dia, tidak ada yang dapat mengetahui bahwa apa yang akan terjadi kedepannya.

“Mudah mudahan jemaah haji yang sakit tidak mengganggu hajat besarnya untuk beribadah yang sekian lama antri untuk bisa berangkat. Saat ini antri selama 6 tahun dan yang akan datang antri untuk berangkat haji harus menunggu selama 18 tahun, ” pungkasnya. (rs)

Click to comment
To Top