Jelang Idul adha, Balai Karantina Perketat Penjagaan – Rakyat Sultra

Rakyat Sultra

ridwan bae ggd"
Metropolis

Jelang Idul adha, Balai Karantina Perketat Penjagaan

Petugas Karantina memeriksa sapi yang akan diseberangkan ke Sulawesi Selatan, melalui Pelabuhan Tobaku Kolaka Utara.

KENDARI – Jelang hari raya idul adha, Balai Karantina Pertanian Kelas II Kendari akan memperketat penjagaan hewan kurban, baik keluar maupun yang akan masuk ke wilayah Sulawesi Tenggara.

Untuk memastikan hewan yang dilalulintaskan terbebas dari penyakit menular dan berbahaya, dokter hewan dan paramedic veteriner akan disebar dibeberapa tempat, antara lain Kabupaten Kolaka, Kolaka Utara, Pelabuhan Kendari, Pelabuhan Raha, dan Pelabuhan Murhum Baubau.

“Petugas karantina dikerahkan sebelum hari H, kurang lebih 3 minggu sebelum Idul Adha barulah lalulintas sapi itu ramai. Walaupun demikian, kita akan intensifkan pemeriksaan,” ungkap Kepala Seksi Karantina Hewan, Balai karantina Kelas II Kendari, drh Agus Karyono, Jumat (11/8).

Dalam menjalankan tugas dan fungsinya, petugas karantina hanya akan melakukan pengawasan dan pemeriksaan terhadap sapi sapi yang masuk atau keluar dari Sulawesi Tenggara. Sedangkan untuk pengawasan di wilayah Kota Kendari, pihaknya akan mengordinasikan dengan Dinas Tanaman Pangan dalam melakukan pemeriksaan terhadap hewan tersebut.

Mantan petugas karantina wilayah kerja Tanjung Priok Jakarta ini mengatakan ada beberapa jenis penyakit yang menjadi perhatian serius dan harus diantisipasi yakni penyakit brucellosis, anthrax dan penyakit radang pada sapi. Oleh sebab itu, sapi yang masuk atau keluar dari Sultra akan diperiksa satu persatu oleh petugas karantina termasuk dokumen resmi. (rs)

Click to comment
To Top