Dewan Luwu Sambangi Kendari Bahas Pelestarian Sagu – Rakyat Sultra

Rakyat Sultra

Sultra Raya

Dewan Luwu Sambangi Kendari Bahas Pelestarian Sagu

Sekda Kota Kendari, Alamsyah Lotunani (baju putih) memberikan cendera mata kepada Anggota DPRD Luwu, Ibrahim (batik hitam) usai kunjungan kerjanya, Jumat (11/8).

KENDARI – DPRD Kabupaten Luwu Sulsel melakukan kunjungan kerja di kota Kendari,  kedatangan dewan luwu diterima langsung Sekda Kota Kendari, Alamsyah Lotunani di Ruang Pola kantor Walikota Kendari, Jumat (11/8).

Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Luwu, Ibrahim mengatakan tujuannya ke Kota Kendari untuk mengikuti studi banding terkait perda pengembangan dan pelestarian tanaman sagu yang saat ini akan dicanangkan di kabupaten Luwu.

“Menurut informasi bahwa di Kota Kendari ini sudah ada perdanya bahkan sudah di copy, Insya Allah kami akan menjadikan referensi,” ungkapnya usai mengikuti diskusi dengan Pemkot Kendari.

Menurut dia, Kota Kendari dan Kabupaten Luwu memiliki kesamaan, terutama pada makanan pokok seperti sagu. Hanya saja kata dia, kalau di kabupaten Luwu sagu yang sudah diolah diberi nama kapurung sedangkan di kota Kendari dinamakan sinonggi.

Pihaknya berharap dengan hadirnya perda tentang sagu, maka dapat meningkatkan income bagi masyarakat serta dapat melestarikan tanaman tersebut. Sementara itu, ditempat yang sama Sekda Kota Kendari, Alamsyah Lotunani mengungkapkan, untuk melestarikan tanaman sagu Pemkot Kendari membuat perda nomor 5 tahun 2015 tentang pengembangan dan perlindungan tanaman sagu.

“Ketika tidak ada aturan yang mengikat maka masyarakat bisa sembarangan menebang dan pada akhirnya bisa punah. Sehingga untuk tetap melestarikannya maka dibuatkanlah perda yang bersifat mengikat, dimana bagi masyarakat yang menebang 1 puhon maka harus menggantikannya dengan menanam sebanyak 5 pohon sagu,” pungkasnya. (rs)

Click to comment
To Top