Akan Dibangun Pasar Terintegrasi Terminal – Rakyat Sultra

Rakyat Sultra

Muna Raya

Akan Dibangun Pasar Terintegrasi Terminal

Ilustrasi

LAWORO – Bupati Muna Barat, LM Rajiun Tumada kembali menggagas pembangunan terminal induk yang akan dibangun sekaligus dengan pasar. Pembangunan terminal tersebut ditempatkan di Kecamatan Sawerigadi.

Pembangunan terminal penyangga di Lagadi, kata dia dimulai tahun 2017 ini dengan besaran anggaran Rp287 juta. Anggaran tersebut dialokasikan melalui dana APBD-Perubahan.

“Terminal penyangga berjalan dan terminal induk kita akan bangun di perbatasan Desa Lumbu Jaya dan Desa Kampubalano Kecamatan Sawerigadi. Adapun luas lahan kurang lebih delapan hektar. Dan di terminal induk ini disekitarnya wilayah perkantoran dan juga rumah sakit umum. Dananya dari APBD dan ini akan masuk pada APBD 2018,” jelas Rajiun.

Selain itu, Rajiun juga menyebutkan ada pengusulan listrik gratis setiap tahun. Penggratisan tersebut bergantung kapasitas daya bagi si pemakai.

Begitu juga dengan masalah air minum. Karena kebutuhan air minum kata dia merupakan kebutuhan dasar bagi masyarakat.

“Soal air kami dapat bantuan dari Pemprov dan pusat. Hanya saja itu akan dikembalikan di daerah pengurusanya. Makanya harus ada yang memelihar itu. Makanya harus dibentuk dahulu perusahaan daerah air minum (PDAM). Disamping itu juga kita kejar pembangunan infrastruktur dasar,”pungkasnya. (rs)

Click to comment
To Top