Unsultra Komitmen Tingkatkan Mutu Institusi – Rakyat Sultra

Rakyat Sultra

Pendidikan

Unsultra Komitmen Tingkatkan Mutu Institusi

Unsultra menghadirkan Ketua Tim Evaluasi Kinerja Akademik Kemenristekdikti, Supriadi Rustad, untuk memberikan pembekalan kepada dosen dan staf, Kamis (10/8).

KENDARI –Salah satu bentuk keseriusan Universitas Sulawesi Tenggara (Unsultra)dalam meningkatkan mutu Perguruan Tinggi, yakni dengan menghadirkanKetua Tim Evaluasi Kinerja Akademik Kemenristekdikti Prof Supriadi Rustad sebagai pemateri guna memberikan pemahaman soal mutu perguruan tinggi kepada seluruh dosen maupun staf lingkup Unsultra, di aula Raktorat, Kamis (10/8).

Prof Supriadi Rustad menuturkan, peningkatan kualitas mutu Perguruan Tinggi sangat penting dilakukan, guna menghasilkan mahasiswa yang berkualitas.

“Kalau pendidikan tingginya bagus, ya nasib anak-anak kita pasti akan bagus. Sehingga, ini menjadi sangat strategis dan penting sekali,” ucap Ketua Tim Evaluasi Kinerja Akademik Kemenristekdikti itu, Kamis (10/8).

Ia menegaskan, budaya mutu harus diutamakan bagi sebuah Perguruan Tinggi. Jangan memberikan pelayanan yang tidak bermutu karena tidak ada gunanya.

“Saya melihat perkembangan mutu di Unsultramulai bagus. Jika ini konsisten dijalankan,  saya pikir Unsultra akan semakin besar. Lima sepuluh tahun kedepan pasti kelihatan hasilnya,” ungkap Prof Supriadi yang pernah menjadi Plt Rektor UHO.

Sementara itu, Rektor Unsultra, Prof Andi Bahrun mengatakan, untuk mewujudkan mutu yang baik, mulai tahun ini, ia bertekad membangun budaya mutu pendidikan tinggi di Unsultra.

“Ini betul-betul akan kita wujudkan. Sehingga, sangat tepat jika mengundang langsung Prof Supriadi selaku Ketua Tim Evaluasi Kinerja Akademik Kemenristekdikti untuk memberikan arahan,” jelasnya.

Dengan harapan, lanjutnya, bisa memberikan pencerahan terkait mutu kinerja akademik. Secara substansi memang harus dibenahi secara baik dari waktu ke waktu untuk membudayakannya, sehingga akan berdampak pada akreditasi institusi maupun prodi.

“Terus terang kami bertekad untuk meningkatkan nilai akreditasi beberapa prodi yang ada, minimal bisa menjadi B, bahkan kedepan bisa menjadi A,” ungkap Rektor yang juga Ketua Dewan Riset Daerah Sultra itu.

Ia mengakui, beberapa tahun terakhir Unsultramenjukkan perbaikan secara signifikasdan hal tersebut berdasarkan evaluasi Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis).

“Namun, saya belum puas dan kepengen semua prodi bisa terakreditasi baik. Terpenting lagi,  masyarakat bisa percaya dengan Unsultra karena karya-karyanya, mutu lulusannya bisa bersaing, bahkan menciptakan lapangan pekerjaan,” paparnya.

Sesuai saran Prof Supriadi, kata Prof Andi Bahrun, tim pangkalan data Dikti harus melakukan evaluasi setiap semester. Semuanya harus dipaparkan dan didiskusikan untuk melakukan perbaikan dari waktu ke waktu. Apalagi, sekarang Unsultra telah menambah dua prodi baru yakni PGSD dan PG PAUD,  sehingga menujukkanUnsultra bisa mengelola secara baik. (rs)

Click to comment
To Top