KPU-Polres Komitmen Sukseskan Tahapan Pilbup – Rakyat Sultra

Rakyat Sultra

ridwan bae ggd"
Konawe Raya

KPU-Polres Komitmen Sukseskan Tahapan Pilbup

Pertemuan KPU Konawe bersama Kapolres dan jajarannya, Kamis (10/8).

UNAAHA  – Setelah melakukan kunjungan ke Kejaksaan Negeri Unaaha beberapa hari lalu, Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Konawe kembali melakukan silaturahmi. Kali ini, Kamis (10/8) KPU berkunjung ke Polres Konawe yang kini dipimpin oleh Kapolres baru.

Rombongan komisioner dan sekretariat KPU diterima langsung Kapolres Konawe AKBP,Muh Nur Akbar didampingi beberapa penjabat teras Polres Konawe. Kunjungan ini sebagai koordinasi di Polres setempat dalam rangka membahas pengawalan dan pengamanan saat tahapan Pilkada Konawe 2018.

“Kunjungan pertama sebenarnya telah kita lakukan bersama Kapolres lama. Namun setelah pergantian, maka KPU kembali menjalin komunikasi. Kita juga sekaligus memperkenalkan anggota komisioner dan penjabat sekretariat,” terang Ketua Komisioner KPU Konawe, Sarmadan.

Sarmadan mengatakan, proses tahapan yang akan dilakukan semakin padat dan berat. Olehnya itu, sinergitas bersama pihak keamanan harus terjalin intes. Apalagi memasuki tahapan pencoblosan yang memerlukan ketertiban dan kelancaran.

“Supaya dapat menjamin kelancarannya perlu pendampingan dari pihak aparat pengamanan. Sehingga beberapa aspek tekhnis, akan dibahas dan disepakati dalam pertemuan ini. Titik akhirnya kita tuangkan dalam bentuk MoU, ” jelasnya.

“Apa yang telah disepakati akan segera kita buat dalam bentuk MoU. Dan insyallah dalam waktu dekat ini. Karena pada tanggal 20 Agustus 2017 ini, kita akan melakukan launcingPilkada Konawe,” lanjutnya.

Kapolres Konawe AKBP Muh Nur Akbar mengaku sangat mengparesiasi kunjungan KPU Konawe. Menurutnya, komunikasi yang dilakukan oleh KPU sangat perlu agar koordinasi berjalan baik.

perlu memang ada komunikasi yang baik antar lembaga negera ini. Dan KPU sebagai penyelenggara harus aktif membangun komunikasi dan koordinasi dengan pihak pengamanan. Mengkoordinasikan hal-hal yang memungkinkan dapat mengganggu jalannya tahapan Pilkada Konawe.

“Jika ada hal-hal yang berindikasi mengancam terkendalanya tekhnis penyelenggaraan Pilkada koordinasikan kepada Kasat Intel atau Kabag Ops. Supaya secepatnya melakukan tindakan,” tegasnya.

Ia sudah mewanti-wanti kepada anggotanya supaya tidak terlibat atau melibatkan diri dalam kegiatan politik praktis. Begitu juga terhadap KPU sebagai penyelenggara supaya dapat menjalankan tugasnya dengan baik dan netral.

“Pilkada merupakan tanggungajwab bersama. Sehingga melalui pertemuan ini, lanjut ia, kedua lintas instansi harus membuat kesempakatan menyukseskan Pilkada Konawe bersih dan aman. Supaya kedepan tidak ada masalah seperti yang terjadi di daerah lain,” tuturnya. (rs)

Click to comment
To Top