Dua Perusahaan TambangDiduga Menambang Ilegal – Rakyat Sultra

Rakyat Sultra

Kolaka Raya

Dua Perusahaan TambangDiduga Menambang Ilegal

Musakkir Sarira

LASUSUA – DPRD Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) melayangkan surat panggilan hearing, terhadap dua perusahaan tambang yang diduga melakukan aktifitas penambangan illegal di Kecamatan TolalaKolut, kedua Perusahaan dimaksud yakni PT Tiar Raya dan PT Creatif.

Ketua DPRD Kolut, Musakkir Sarira, menegaskan, pihaknya melayangkan surat panggilan terhadap kedua PT tersebut untuk duduk bersama dan mengecek segala dokumen yang dimiliki.

Menurutnya, surat panggilan ini dilayangkan setelah pihaknya melakukan pengecekan langsung di lapangan atas aktifitas dua perusahaan tersebut, yang sudah melakukan aktifitas penambangan namun DPRD tidak mengetahui sama sekali.

“Kami sudah cek langsung di lapangan dan meminta kedua perusahaan menunjukkan legalitasnya, namun saat itu kedua perusahaan tersebut tidak dapat menunjukan Ijin Usaha Pertambangan (IUP) serta dokumen-dokumen lainnya, mereka berdalih IUP dan dokumen lainnya berada di kantor pusat,” terang Musakkir.

Ditegaskannya, meski segala urusan terkait aktifitas pertambangan telah diambil alih Pemerintah Provensi (Pemprov), namun sebagai wakil rakyat di daerah pihaknya memiliki kewajiban untuk mengetahui apa yang terjadi di wilayah Kolut. “Aneh, penambangan sudah berjalan namun DPRD tidak mengetahui sama sekali, itupun diketahui dari aduan masyarakat,” ujarnya.

Musakkir menambahkan, sejauh ini pihaknya telah memberikan teguran dan meminta perusahaan dimaksud untuk menghentikan segala aktifitasnya, sebelum menunjukan legalitas dalam melakukan penambangan. (rs)

Click to comment
To Top