Berantas Narkoba, BNNK Muna Gandeng SKPD – Rakyat Sultra

Rakyat Sultra

ridwan bae ggd"
Muna Raya

Berantas Narkoba, BNNK Muna Gandeng SKPD

Rapat Kerja Pemberdayaan Masarakat Anti Narkoba bersama Instansi Pemerintah

RAHA – Badan Narkotika Nasional Kabupaten Muna (BNNK Muna) terus menggalang keterlibatan pihak-pihak terkait dalam upaya pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba (P4GN) di Kabupaten Muna.  Kali ini BNNK Muna bekerjasama dengan pemerintah Kabupaten Muna, berinisiatif melibatkan Satuan Kerja Perangkat Aerah (SKPD) dalam pelaksanaan program itu.

Rabu (9/8) BNNK Muna melakukan rapat kerja bersama sejumlah SKPD lingkup Pemkab Muna, untuk membahas mengenai peran serta instansi pemerintah dalam upaya P4GN. Kegiatan itu juga dihadiri oleh Wakil Bupati Muna, H Abdul Malik Ditu, Plt Kepala BNNP Sultra, Alamsyah, S.Sos, M.Si, dan Kepala BNNK Muna, La Hasariy,SKM,M.Kes, P sekaligus mereka tampil sebagai pemateri.

Diwawancarai jurnalis koran ini, H abdul Malik Ditu mengaskan bahwa Pemkab Muna berkomitmen untuk melakukan upaya pencegahan dan pembetantasan narkoba di Muna, salah satunya adalah melibatkan DKPD lingkup Pemkab Muna untuk menyukseskan program P4GN bersama BNNK Muna, sehingga tercipta lingkungan kerja yang bebas narkoba.

” Narkoba harus diberantas. Jika dikatakan bahwa musuh negara adalah terorisme, korupsi dan narkoba, maka saya mengatakan, narkoba adalah musuh negara yang paling membahayakan, karena dapat merusak masa depan generasi penerus bangsa,” tegasnya.

 Malik Ditu juga memiliki komitmen untuk menyelenggarakan pemerintahan yang bebas narkoba, dimana aparat Pemkab Muna harus benar-benar bersih dari narkoba. “Untuk memberantas narkoba, maka aparat pemerintah harus bersih dari yang namanya narkoba,” ucapnya.

Pelaksanaan program P4GN ini kata dia, tak hanya akan dilakukan di lingkungan SKPD, namun dapat dilakukan hingga ke semua jenjang pendidikan yang ada di Muna. “Kalau perlu yang masuk di sekolah harus dites narkoba,” pungkasnya.

Juga dikatakan oleh Plt Kepala BNNP Sultra, Alamsyah, S.Sos, M.Si bahwa salah satu program prioritas nasional tahun ini yang telah ditetapkan oleh BNN adalah pemberdayaan masyarakat antinarkoba bersama instansi pemerintah. Kegiatan ini bertujuan untuk membangun mitra kerjasama dengan selyruh lapisan masyarakat khususnya instansi pemerintah dalam rangka membangun komitmen bersama melakukan upaya P4GN di lingkungan kerja dan masyarakat.

Sementara itu Kepala BNNK Muna, La Hasariy meminta agar seluruh SKPD di Muna dapat mensuport BNN dalam ipaya pencegahan dan pemberantasan narkoba di Muna. Untuk itu ia meminta agar setiap SKPD dapat menunjuk satu pejabat yang bisa bertanggungjawab dalam kaitannya dengan program P4GN di intsnasinya. ” Setiap skpd dapat membuat program tentang upaya pencegahan dan pemberantasan narkoba, dan menunjuk satu orang staf yang bertanggungjawab. Kedepannya kami dari BNNK Muna akan melakukan peningkatan kapasitas terhadap staf yang ditunjuk ini,” kata Hasariy. (rs)

Click to comment
To Top