UKT Terendah UHO Sekira Rp1 Juta – Rakyat Sultra

Rakyat Sultra

ridwan bae ggd"
Pendidikan

UKT Terendah UHO Sekira Rp1 Juta

La Hamimu

KENDARI – Calon mahasiswa yang dinyatakan lolos melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)  Universitas Halu Oleo (UHO), sudah bisa melihat nilai Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang ditetapkan oleh pihak birokrasi UHO, Selasa hari ini.

DR La Hamimu, selaku Wakil Rektor I Bidang Akademik UHO, mengatakan, calon mahasiswa dinyatakan lolos melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN dan telah melakukan pendaftaran ulang, sudah bisa mengecek nilai UKT masing-masing.

“Hari ini, sudah bisa dicek melalui website resmi UHO, www.uho.ac.id, yang dinyatakan lolos dan sudah mendaftar ulang,” ucapnya, Senin (7/8).

Katanya, penentuan nilai UKT bagi calon mahasiswa, pihaknya melihat data yang diberikan panitia pusat, seperti penghasilan ayah, penghasilan ibu. Kemudian, pendidikan ayah, pendidikan ibu, jumlah adik dan kakak yang menjadi tanggungan orang tua.

“Nah, ada tujuh komponen yang kami lakukan untuk menentukan UKT. Jadi, kami tidak melakukan survei, melainkan melihat data dari pusat,” ujar La Hamimu saat ditemui awak media diruang kerjanya.

Ia mengatakan, UKT terendah yang diberikan untuk angkatan 2017 yakni hanya satu jutaan dan masuk kategori 2, sedangkan untuk UKT yang tetinggi yaitu, 17,5 jutaan.

Sementara itu, untuk calon mahasiswa  yang dinyatakan lolos melalui jalur SMMPTN belum bisa mengecek nilai UKT nya, karena belum ada penetapan.

“Untuk yang dinyatakan lolos seleksi mandiri, belum bisa ditetapkan nilai UKT nya. Pasalnya, mereka terlebih dahulu harus  membayar uang pangkal, setelah sudah dibayar, barulah kami akan tetapkan nilai UKT calon mahasiswa tersebut,” ungkapnya.

Dirinya berharap, bagi calon mahasiswa yang diterima di Universitas Halu Oleo (UHO), agar mengikuti kuliah dengan baik serta mengikuti semua aturan-aturan yang diberikan pihak kampus. (rs)

Click to comment
To Top