Kemensos Teken MoU dengan IAIN – Rakyat Sultra

Rakyat Sultra

Pendidikan

Kemensos Teken MoU dengan IAIN

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan IAIN Kendari di Swiss Bell Hotel Makassar, beberapa waktu lalu.

KENDARI – Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan IAIN Kendari di Swiss Bell Hotel Makassar, belum lama ini. Penandatanganan ini, menandai dimulainya kerjasama Kementerian Sosial dengan IAIN Kendari dalam rangka mewujudkan Desa Mandiri Sejahtera di Sulawesi Tenggara.

Selama lima tahun ke depan, IAIN Kendari akan melakukan pengembangan model desa sejahtera Mandiri pada 17 Kabupaten/Kota di Sulawesi Tenggara melalui berbagai kegiatan pengabdian masyarakat antara lain penyuluhan sosial, penelitian, pendidikan dan pelatihan, penyediaan data dan informasi, pemberdayaan sosial, perlindungan jaminan sosial serta rehabilitasi sosial.

Menteri Sosial dalam sambutannya menaruh harapan yang besar terhadap Perguruan Tinggi untuk dapat berpartisipasi menanggulangi masalah sosial yang terjadi di tengah masyarakat desa antara lain menyakut difabilitas, kemiskinan, gelandangan, rumah tidak  layak huni, serta kualitas sumber daya manusia.

Sementara itu Rektor IAIN Kendari, Nur Alim, mengaku akan mensinergikan program pengabdian masyarakat antara lain melalui Kuliah Kerja Nyata (KKN) dan program pengabdian lainnya.  “Harapan kami program ini juga menjadi momentum bagi IAIN Kendari untuk ikut serta berperan dalam menanggulangi masalah-masalah sosial yang ada di Sulawesi Tenggara tentunya bekerjasama dinas sosial setempat,” ujarnya, Senin (7/8).

Katanya, mulai tahun depan, program KKN akan diisi dengan kegiatan yang menunjang kerjasama ini sehingga output dari KKN dapat dirasakan oleh masyarakat. Selain itu, Kemensos juga akan melakukan KKN bersama 20 Perguruan Tinggi lainnya yang telah menandatangani nota kesepahaman pada daerah yang masuk kategori terpencil, tertinggal dan terluar. Mahasiswa yang akan mengikuti KKN bersama dimaksud akan melalui tahapan seleksi dan dianggap mampu melaksanakan tugas sebagai agen pembaharu dalam mewujudkan desa mandiri sejahtera.

“Realisasi penandatanganan MoU di Makassar ini merupakan tindak lanjut dari komunikasi yang terjalin sejak April lalu saat Mensos berkunjung ke IAIN Kendari saat membawakan Kuliah Umum,” ungkapnya.

Selain IAIN Kendari, terdapat 3 perguruan tinggi lainnya yang ikut menandatangani MoU dengan Kemensos yaitu UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Universitas Pattimura Ambon dan Institut Agama Islam DDI Sulawesi Barat. (rs)

Click to comment
To Top