Mahasiwa AKG Dilatih Wirausaha – Rakyat Sultra

Rakyat Sultra

Pendidikan

Mahasiwa AKG Dilatih Wirausaha

Suasana Try Out Uji Kompotensi mahasiswa Prodi D3 Kesehatan Gigi Kendari, Jumat (4/8).

KENDARI – Akademi Kesehatan Gigi (AKG) Kendari, selalu membekali mahasiswa untuk berjiwa wirausaha. Salah satunya dengan mengadakan Pelatihan Karir yang diikuti 59 mahasiswa semester akhir Prodi D3 Kesehatan  Gigi, di Aula kampus Yayasan Bina Husada Kendari, Jumat (4/8).

Erwin SST MKes selaku Direktur Akademi Kesehatan Gigi Kendari mengatakan, kegiatan seperti ini dilaksanakan setiap tahunnya bagi mahasiswa Diploma III Akademi Kesehatan Gigi Kendari.

“Kegiatan ini tentang pelatihan karir, dengan dua materi berbeda, pertama yakni tentang kewirausahaan dan kedua mengenai tata cara mengurus Kartu Tanda Anggota (KTA)  profesi PPGI, pengurusan Surat Izin Kerja (SIK) dan cara mendaftar STR secara online, yang memang sudah diterapkan oleh Majelis Tenaga Kesehatan Provinsi Sultra,” ucapnya, Jumat (4/8).

Pihaknya sengaja menyisipkan materi kewirausahaan, dengan tujuan ketika lulus mahasiswa jangan berharap hanya menjadi PNS. Sebab,  Moratorium yang dilakukan pemerintah panjang, adapun ada sifatnya terbatas dan banyak saingan.

“Dengan ini,  meraka bisa berinovasi secara mandiri,  menciptakan lapangan kerja sendiri,  serta berwirausaha sendiri, yang pastinya berhubungannya dengan jurusan mereka,” harapnya.

Menurutnya,  bila lulusan kesehatan gigi tidak tercover dipemerintahan.  Maka, kenapa tidak mereka berusaha menciptakan lapangan pekerjaan sendiri.

“Disini, kami berikan mereka tips-tips dan trik-trik bagaimana mahasiswa dan alumni, mengembangkan potensinya dalam berwirausaha. Sehingga, tidak akan ditemui lulusan yang menganggur dan lulusan yang ijazahnya tidak terpakai,” ungkap Erwin.

Materinya bertemakan “Trik Mengembangkan Kewirausahaan mahasiswa Pascalulusan Kuliah” yang dibawakan Dr Nasrul SE MSi (Ketua Pascasarjana Fakultas Ekonomi UHO).

Selain itu, pihaknya melanjutkan dengan pelaksanaan Try Out Uji Kompetensi calon lulusan akademi kesehatan gigi.  Pasalnya,  dalam UUD Kesehatan,  semua tenaga kesehatan harus memiliki sertifikat kompetensi,  yang selama ini, sudah berjalan untuk profesi dokter gigi,  perawat dan bidan. “Termasuk kami yang tahun ini harus bersiap untuk menghadapi ujian kompetensi itu,” pungkasnya.

Dirinya berharap,  melalui kegiatan tersebut, lulusan akademi kesehatan gigi kendari,  bisa terserap secara menyeluruh dilapangan kerja,  baik itu dipemerintahan maupun swasta atau mereka berwirausaha sendiri.

“Ini bentuk kesuksesan kami sebagai Perguruan Tinggi,  jika meluluskan alumni yang berdaya guna ataukah berkarya  untuk kesejahteraan diri mereka sendiri,” pungkasnya.  (rs)

Click to comment
To Top