Kimia MIPA UHO Tampil di ICASIE – Rakyat Sultra

Rakyat Sultra

ridwan bae ggd"
Pendidikan

Kimia MIPA UHO Tampil di ICASIE

Salah satu mahasiswa Jurusan Kimia MIPA yang akan tampil dalam ajang ICASIE di ITS, saat berlatih presentasi di salah satu ruang perkuliahan, belum lama ini.

KENDARI – Untuk pertama kalinya mahasiswa Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari akan tampil pada ajang International Conference of Applied Science and Technology for Infrastructure Engineering (ICASIE) yang akan digelar hari ini, Sabtu (5/8) di  Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya.

Prof Muhamad Nurdin mengungkapkan ajang ICASIE yang akan diikuti empat mahasiswa bimbingannya akan mempresentasikan hasil riset atau penelitian yang telah dilakukan sebelumnya. Dimana empat diantaranya mahasiswa angkatan tahun 2015 atau baru memasuki semester V program sarjana.

“Jadi sebelumnya mereka kita bimbing untuk mengadakan riset ada juga yang riset dari Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang selanjutnya ditulis dalam bentuk peper. Kemudian diajukan kepada panitia penyeleggara. Alhamdulillah dari beberapa yang kita ajukan, empat yang memenuhi syarat untuk tampil dalam ajang konfrensi itu tahun ini,” ungkap Nurdin.

Menurutnya mahasiswa UHO khususnya Kimia MIPA untuk pertama kalinya tampil dalam ajang bergengsi tersebut. Apalagi minimal akan dihadiri dari empat negara tetangga yang akan ikut dalam ajang ICASIE di ITS.

Apalagi, paper yang diajukan ditulis dalam bahasa internasional (Inggris) demikian juga saat mempresentasikan hasil riset yang telah diajukan ke panitia.

Dengan begitu, Nurdin berharap ajang-ajang semacam ICASIE dapat menjadikan pelajaran bagi mahasiswa ditingkat program sarjana untuk memacu potensi dirinya sesuai disiplin ilmu.

Salah satunya adalah Noval yang akan juga tampil dalam ICASIE bersama tiga temannya yang masing-masing akan menampilkan hasil risetnya dalam bentuk presentasi.

“Alhamdulillah kita bersyukur bisa lolos dan akan presentasi. Mudah-mudahan ini jadi pelajaran berharga dan pengalaman dalam mengembangkan potensi kita,” katanya.

Noval mengku telah siap presentasi dengan menggunakan bahasa Inggris. Persiapannya pun sudah 90 persen. Apalagi dengan beberapa kali bimbingan presentasi di kampus dengan menggunakan bahasa inggirs.

ICASIE merupakan event tahunan yang diadakan oleh Departemen Infrastruktur Teknik Sipil dibawah naungan Fakultas Vokasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Event tahunan ini diadakan untuk menciptakan sinergi antara Pemerintah, Kalangan Pribadi, Karyawan, dan Akademisi.

Departemen Teknik Infrastruktur Sipil (DTIS) ITS Surabaya akan mempelopori penyelenggaraan ICASIE. Prosiding penelitian dalam konferensi yang akan dihelat Agustus mendatang ini akan diindeks Scopus. (rs)

Click to comment
To Top