Dilantik, Dr Zamrun Resmi Pimpin UHO – Rakyat Sultra

Rakyat Sultra

Pendidikan

Dilantik, Dr Zamrun Resmi Pimpin UHO

Rektor terpilih UHO Dr Muhammad Zamrun bersama keluarga setelah acara pelantikan di Auditorium Kemenristekdikti, Selasa (18/7).

* Menristek Pesan Rangkul Seluruh Komponen  

KENDARI – Pelantikan Rektor terpilih Universitas Halu Oleo (UHO) Dr Muhammad Zamrun di Auditorium Kemenristekdikti, Selasa (18/7) berlangsung dengan lancar dan dilantik langsung Menristekdikti Muhammad Nasir, dihadiri sejumlah pejabat perguruan tinggi UHO.

Muhammad Nasir dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada Rektor terpilih UHO. Pasalnya, proses pemilihan rektor di UHO memakan waktu yang cukup panjang.

“Akhirnya, pelantikan bisa berlangsung, dimana prosesnya cukup panjang dalam rangka memilih putra-putra terbaik untuk meningkatkan kualitas pendidikan kedepan, yang semakin baik,” ucapnya, Selasa (18/7).

Melalui pelantikan ini, berarti sudah menjamin keberlangsungan perguruan tinggi kedepan, untuk siap bersaing secara global, serta mampu merangkul dan menyatukan kembali elemen yang tercerai berai.

“Rektor terpilih harus mampu meningkatkan kualitas  pendidikan tinggi di UHO, dan  harus menyatukan kembali  percerai-beraian yang ada di kampus. Dan, semua sendi-sendi didalam kampus harus ditegakkan untuk memajukan universitas,” tegasnya saat membawakan sambutan.

Ia berharap setelah pelantikan, di kampus tak terjadi konflik baru, dan berpesan agar rektor terpilih harus mampu menjalin kerjasama pada seluruh elemen yang ada, dalam rangka mencerdaskan anak bangsa.

Selain itu, ia mengingatkan agar rektor terpilih tidak hanya melihat pada saat sekarang.  Persaingan yang sudah hebat saat ini, tidak bisa dilakukan kecuali dengan kerjasama yang baik dengan semua elemen yang ada didalam kampus, mulai  dosen, staf administrasi, mahasiswa, masyarakat dan  pemerintah daerah.

“Jangan, memunculkan konflik baru, rangkul semua elemen. Karena elemen adalah bagian dari universitas dan bagian dari pendidikan, bagaimana UHO menjadi universitas yang bereputasi,” ungkapnya.

Yang menjadi sangat penting lagi, lanjut Nasir adalah bagaimana rektor terpilih mengelola perguruan tinggi, seperti masalah  tata kelola universitas yang baik. Ciri pengelolaan tata kelola universitas yang baik yakni masalah transparansi, jujur, dapat dipertanggung jawabkan dan bertangung jawab apa yang dilakukan.

“JIka keemepat-empatnya dijalankan dengan baik, saya yakin univeritas semakin maju dan baik, jangan sampai menjadi meruncing kedepan dan menjadi konflik berkepanjagan. Saya berharap UHO menjadi contoh universitas yang baik dan bagaimana bergerak cepat mengejar ketinggalan, bergerak cepat memajukan kualitas universitas, publikasi harus ditingkatkan,” jelasnya.

Ia juga menyampaikan agar jangan sampai  terjadi masalah plagiarisme atau pencontekan di pendidikan tinggi. Serta tak lupa Menristek mengucapkan terima kasihnya kepada Plt  Rektor UHO Prof Supriadi Rustad yang telah berbuat banyak bagi kemajuan UHO selama bertugas.

Sementara itu, humas UHO Maulid saat dikoonfirmasi terkait kepulangan rombongan kembali ke Kendari, ia mengatakan secepatnya rektor terpilih UHO akan kembali ke Kendari untuk mengurusi UHO yang selama ini belum ada rektor definitifnya. (rs)

Click to comment
To Top