Sultra Yakin Ada Formasi Umum CPNS – Rakyat Sultra

Rakyat Sultra

Sultra Raya

Sultra Yakin Ada Formasi Umum CPNS

Sultra Yakin Ada Formasi Umum CPNS

KENDARI – Resmi dibuka seleksi calaon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2017 untuk beberapa formasi khusus, Pemprov Sultra yakin itu baru tahap pertama. Sehingga seleksi CPNS formasi umum baru akan dibuka setelah seleksi pertama selesai.

Keyakinan itu diungkapkan Sekda Provinsi Sultra H Lukman Abunawas, saat menanggapi dibukanya seleksi CPNS untuk beberapa formasi khusus itu. Apalagi dirinya sering melakukan koordinasi dengan pihak KemenPAN-RB terkait formasi CPNS untuk daerah.

“Pasti ada formasi umum, untuk beberapa tenaga yang dibutuhkan seperti tenaga medis, guru dan beberapa tenaga teknis lainnya. Hanya kita belum tahu juga kapan akan dilaksanakan seleksinya. Bisa jadi selesai seleksi tahap pertama untuk beberapa formasi khusus ini,” kata Lukman, saat di temui di kantornya, Kamis (13/7).

Sementara untuk seleksi CPNS kuota Kemenkum HAM pihaknya belum mengetahui pasti berapa jumlah yang diberikan untuk Sultra. Yang pasti kebutuhan kuota akan diberikan sesuai usulan dengan tetap memperhatikan kebutuhan berdasarkan pertimbangan pemerintah pusat.

Meskipun belum resmi terbuka, namum pemerintah pusat telah resmi mengumumkan adanya penerimaan seleksi CPNS untuk tenaga Mahkamah Agung (MA) dan Kemenkum HAM.

“Itu kan seleksinya pusat, nanti penempatannya baru sesuai kuota di daerah,” tuturnya.

Sebelumnya, Kepala BKD Sultra Nur Endang Abbas mengakui telah mengusulkan sekitar 1.400 kuota formasi umum untuk tiga formasi, yakni formasi guru SMA sederajat sekitar 600 kuota, 800 kuota untuk formasi tenaga kesehatan dan tenaga teknis lainnya.

Menurutnya, Sultra masih butuh tenaga PNS menyusul banyaknya pegawai yang sudah pensiun dan moratorium penerimaan pegawai selama dua tahun terakhir.

“Kita yang pensiun sebanyak 300 orang. Sehingga, butuh tambahan tenaga guru bantu. Selain itu, dinamika organisasi sekarang ini membutuhkan tenaga yang energik,” jelas Endang. (rs)

Click to comment
To Top