Pandaftar PPDB Tahap II 683 Orang – Rakyat Sultra

Rakyat Sultra

ridwan bae ggd"
Pendidikan

Pandaftar PPDB Tahap II 683 Orang

Suasana pendaftaran PPDB calon siswa jenjang SMP, tahap ke II, di Aula Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kota Kendari, Kamis (13/7).

KENDARI – Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Dikmudora) Kota Kendari, resmi menutup pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahap II yang dibuka selama dua hari. Jumlah pendaftar sebanyak 630 orang.

Makmur Tote selaku Koordinator PPDB tahap II Dikmudora mengatakan, persyaratan pertama tetap melihat zonasi yakni domisili terdekat.

“Dan besar harapan kami semua anak-anak yang belum dapat kursi sesuai data Dikmudora yang berjumlah  618 orang, semuanya bisa bersekolah, sehingga akan disebar di seluruh sekolah swasta dan negeri,” jelasnya, Kamis (13/7).

Katanya, jumlah pendaftar mengalami penambahan, dikarenakan masih ada sejumlah orang tua siswa yang anaknya telah diterima di salah satu sekolah. Tetapi ikut mendaftarkan ulang anaknya di sekolah yang diinginkan.

“Banyak yang sudah lulus, tetapi  mendaftar lagi untuk masuk ke sekolah keinginannya. Namun, kami selaku panitia akan mengembalikan  ke tempat lulusnya semula. Karena PPDB tahap II ini hanya diprioritaskan untuk anak yang belum dapat tempat,” tegasnya.

Ia menuturkan, jika panitia mengikuti keinginan orang tua siswa, kemungkinan ada  siswa yang tidak dapat tempat.

“Jadi siswa yang tidak tercaver disana, akan  kita buat sistem block. Artinya, siswa yang tidak tercover disekolah yang kuotanya sudah penuh, maka kaan kita arahkan ke sekolah yang dekat, yang koutanya masih kurang,” jelasnya.

Untuk menghidari ketidakpuasan orang tua terkait keputusan itu, pihak Dikmudora akan memberikan penjelasan yang sejelas-jelasnya. Kata dia, sesuai Permendikbud nomor 17 Tahun 2017 tetap mengacu pada sistem zonasi. Sehingga 17 Juli, semua anak sudah mengikuti Pengenalan Lingkungan Sekolah, tak ada yang tidak bersekolah. (rs)

Click to comment
To Top