Kembangkan Singkong Gajah, Koltim Dilirik Dua Investor – Rakyat Sultra

Rakyat Sultra

Kolaka Raya

Kembangkan Singkong Gajah, Koltim Dilirik Dua Investor

Kadis pertanian, Lasky Paemba saat meninjau pembuatan chip singkong, kemarin.

TIRAWUTA – Potensi yang terkandung di Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), menarik sejumlah pemilik modal atau investor untuk berusaha di daerah sentra agrobisnis. Salah satunya PT NIMEK dan PT Persada Pupuk Indonesia.

Dua perusahaan ini nantinya akan mengembangkan tanaman singkong gajah dan jagung.

Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Koltim Lasky Paemba, mengatakan saat ini Koltim tengah dilirik dua perusahaan nasional yang berminat untuk mengembangkan tanaman singkong gajah dan jagung di Koltim.

“Saat ini sudah sampai tahap persiapan MoU. kemudian untuk pembelian hasil petani mereka lagi siapkan alat dan mesin pengolahan singkong untuk di tempatkan di lokasi yang potensi pengembangan singkongnya besar,” ucap Lasky, saat dikonfirmasi melalui Whatsapp, Kamis (13/7).

Saat ditanya soal besar dana yang akan diinvestasikan, dirinya enggan menjelaskan lebih rinci. Namun perusahaan hanya mengonfirmasi keseriusan mereka untuk membangun pabrik. Informasi awal yang kami ketahui mereka merencanakan membangun gudang dan pabrik pupuk organik di koltim,” cetusnya.

Selain itu, untuk lokasi pengembangan tanaman singkong dan jagung ini Pemda sudah menyiapkan lahan seluas 4 hektar. “Kalau untuk lahan Pemda sudah menyiapkan lokasi seluas 4 ha di  desa poniponiki kecamatan Tirawuta. Tapi tergantung mereka apakah lokasi yang kita siapkan layak atau tidak. Jadi hal ini juga sementara dalam tahap kajian,” katanya.(rs)

Click to comment
To Top